Buka Bisnis Kos-Kosan di Rumah? Kenapa Tidak, Simak Persiapannya!

Punya bisnis kos-kosan, rasanya jadi idaman banyak orang. Karena, meskipun modalnya gede, tapi penghasilnya terbilang cepat berputra, apalagi jika lokasinya strategis, seperti dekat perkantoran dan kampus.

Dilansir dari buku’Binis Kos, Laba Jos’, usaha kos-kosan ternyata tidak melulu harus bermodal besar dan dibangun dari 0. Anda, juga bisa memanfaatkan kamar di rumah yang tidak digunakan.

Disamping bisa mendapatkan penghasilan bulanan, dengan adanya bisnis kos-kosan juga akan mengerek tinggi harga property kita dari tahun ke tahun. Semakin menguntungkan, karena mengelola usaha kos-kosan, tidak terlalu rumit.

Lalu apa saja yang perlu kita perhatikan, sebelum membuat usaha kos-kosan di rumah sendiri? Berikut ulasan dari Cokro

Memperhatikan Lokasi

Hal pertama, anda perlu melihat seperti apa lokasi rumah anda. Karena dalam bisnis rumah kos, lokasi jadi faktor utama, untuk bisa menentukan harga sewa kamar kos.

Lokasi yang strategis, biasanya terdapat di areal perkantoran, industri, atau dekat dengan kampus serta sekolah.

Jika memang di wilayah sekitar anda sudah banyak usaha rumah kos, atau kontrakan, itu artinya memang daerah tersebut potensial. Jadi anda tidak perlu terlalu lama berpikir lagi, untuk mulai menyewakan kamar di rumah yang tidak terpakai.

Memperhatikan Pasar

Setelah anda sudah memastikan bahwa lokasi anda oke atau tidak, maka hal lain yang perlu diperhatikan adalah bagaimana potensi pasar dan daya beli nya. Anda perlu melakukan observasi untuk bisa mendapatkan jawaban atas hal ini.

Dengan anda mendapatkan gambaran pasar, maka anda akan bisa menyusun rencana, terkait fasilitas kos dan juga berapa harga sewa yang akan anda tetapkan.

Mentargetkan Pasar

Setelah melakukan analisa dan riset pasar. Maka jika memang anda memanfaatkan kamar kosong di rumah sebagai kos-kosan, selanjutnya anda perlu menentukan pasar mana yang akan anda ‘tembak’.

Apakah pasar menengah, menengah atas atau menengah ke bawah? Tentu saja faktor utama untuk menjawab pertanyaan ini, adalah kembali ke kondisi rumah kita, tergolong mewah, atau malah biasa saja.

Anda harus bisa fokus kepada target pasar anda. Bagaimana bentuk promo dan juga fasilitas yang diinginkan oleh target, harus bisa anda penuhu, jika ingin kamar kos tidak pernah kosong.

Memanfaatkan Teknologi

Zaman milenial seperti ini, rasa- rasanya akan sangat melelahkan kalau anda harus bekerja sendiri untuk mengelola rumah kos. Mulai dari memasarkan, menemani calon penyewa melihat –lihat, menagih uang bulanan, hingga membuat laporan keuangan. Apalagi jika anda bekerja, tentu hal ini akan makin bikin lelah.

Nah, salah satu jawaban atas situasi tersebut, anda bisa bekerjasama dengan aplikasi manajemen kos,seperti Cokro Host. Dengan gratis biaya registrasi untuk selamanya, Cokro Host menawarkan berbagai fitur yang akan membantu anda sebagai juragan kos-kosan.

Mulai dari pemasaran ke seluruh Indonesia, manajemen kamar kos, laporan keuangan, penagihan online dan otomatis, hingga PPOB yang memudahkan anda dalam membayar berbagai tagihan, terkait bisnis kos anda.

Penasaran dengan Cokro Host? Download sekarang juga ya di Play Store.

Leave a Comment