Bisnis Kos-Kosan, Antara Idaman Semua Orang dan Tantangannya

Bekerja di perusahaan rintisan alias startup memang kini lagi menjadi idola banyak orang. Namun ada satu pekerjaan yang menjadi dambaan semua orang di semua zaman. Yaitu menjadi pemiiki bisnis kos-kosan.

Kenapa begitu? Karena jelas diantara kita sudah pasti membayangkan, bahwa punya bisnis kos sudah pasti nyaman. Kita tinggal duduk manis, sama ngopi, uang sewa bulanan dari anak kos sudah datang sendiri.

Namun, sama seperti bisnis yang lain, bisnis rumah kos juga pasti mengandung resiko. Untuk bisa lebih tahu apa saja tantangan dalam usaha yang satu ini, mari kita ulas bersama blog.cokro.com.

Tak bisa hanya modal duit, tapi ilmunya wajib punya

Enyahkan bayangan  bahwa anda bisa langsung mendapatkan banyak uang begitu saja, ketika sudah memiliki modal bangunan yang megah.Ilmu juga akan menjadi pondasi utama anda, untuk sukses berbisnis kos-kosan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah banyak membaca buku.Selain itu, anda juga bisa lebih memperkaya ilmu dengan, mengikuti seminar, serta memiliki seorang mentor. Atau juga mengikuti website yang banyak mengulas kos-kosan, seperti blog.cokro.com ini.

Ilmu yang perlu anda pelajari dalam bisnis kos adalah, menentukan siapa pasar anda, biaya yang diperlukan, cara memasarkan, hingga bagaimana pengelolaan rumah kos yang ideal.

Bisnis kos banyak diidamkan, bukan saja soal cuan melimpah, namun banyak berbagai kelebihan lain.

Binis indekos nyatanya memiliki capital gain yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan bisnis properti yang lainnya. Bahkan berdasar pengalaman banyak pelaku, modalnya sudah bisa kembali dalam kurun waktu 5-10 tahun saja.

Hal tersebut bisa cepat terlaksana, jika memang lokasi bisnis kos-kosan anda termasuk strategis. Dalam artian dekat dengan kampus, perkantoran, atau juga pabrik.

Kos-kosan juga menjadi bisnis yang digemari, karena kemudahannya dalam menjual, jika dikomparasi dengan aset properti yang lain. Bisnis kos, juga akan menjadi passive income yang ideal, sementara anda masih bisa bekerja di bidang lain. Serta menjadi investasi anda, ketika memutuskan untuk pensiun kelak.

Awas jangan terlena, bisnis rumah kos ada resikonya juga lho. Perhatikan tantangan dan kelemahannya!

Inilah beberapa tantangan yang musti anda perhatian dan pertimbangkan, sebelum akhirnya memilih bisnis kos sebagai usaha idaman anda:

  • Jika lokasi kurang strategis maka indekos akan jadi sepi peminat, agar laku perlu biaya promosi lagi yang lebih tinggi
  • Banyak anak kos yang seringkali nunggak bayar sewa, mengurus hal ini ternyata tak sesepele yang dikira
  • Jika terjadi sesuatu dengan anak kos, pemilik kos harus siap-siap kena imbasnya juga sebagai seseorang yang bertanggung jawab terhadap tempat tinggalnya
  • Biaya perawatan dan renovasi seringkali juga tinggi, kamu harus memperhitungkannya matang-matang supaya tak rugi
  • Ternyata kamar kos juga tetap memiliki risiko sepi peminat di kondisi pandemi seperti sekarang ini.

Karenanya, merencakanan bisnis mulai dari 0 benar – benar diperlukan. Persiapkan bisnis kos anda dengan matang, karena mengelolanya tidak akan semudah bayangan anda. Disamping itu, meskipun nanti anda sudah mencapai titik nyaman sebagai passive income, anda juga tidak bisa bersantai. Karena ada resiko yang membayangi.Seperti masa-masa pandemi seperti sekarang. Oleh karena itu, selalu buat bisnis pendamping bagi kos-kosan anda sebagai penunjang.

Leave a Comment