7 Hal yang Bisa Dilakukan Anak Kos Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kesehatan adalah investasi paling berharga.Sehingga oleh siapapun kesehatan haruslah selalu diperhatikan. Seperti juga bagi anak kos

Berikut adalah Cokro Indonesia akan mengulas, hal – hal apa saja yang perlu diperhatikan bagi anak kos untuk menjaga kesehatan, seperti sudah dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Mengkonsumsi makanan bergizi menjadi syarat utama untuk menjaga kondisi badan selalu fit, bertenaga dan membentuk imun tubuh yang sangat penting. Makanan bergizi yang dianjurkan adalah yang seimbang. Mulai dari protein, karbohidrat, vitamin dan mineralnya.

Bukan itu saja, anak kos itu juga suka camilan.Namun dalam hal ini kamu harus bisa memilih camilan yang sehat. Pilihlah yang rendah lemak, kalori dan garam.

Kacang, pisang, apel, jeruk atau popcorn tanpa tambahan mentega dan pemanis, bisa jadi pilihan yang tepat.

2. Mengonsumsi suplemen

Bukan saja makanan dan minuman sehat sehari – hari. Konsumsi suplemen juga akan baik dalam menjaga daya tahan tubuh, jika diperlukan. Anak kos perlu menambah asupan nutrisi yang kurang.

Seperti misalnya suplemen  vitamin B,C, E, Kalsium, zinc dan zat besi.

Namun perlu diingat, bahwa konsumsi suplemen harus memperhatikan aturan pakai yang sudah ditulis. Jika perlu, bisa konsultasikan dengan dokter, agar dosis suplemennya tepat dengan kebutuhan mu.

Baca juga: Tips Menjaga Keamanan yang Nyaman di Lingkungan Kos-Kosan

3. Rajin mencuci tangan

Mencuci tangan dengan rajin, juga masuk dalam cara yang penting untuk menjaga kesehatan, khususnya di masa pandemi seperti sekarang. Usahakan untuk bisa mencuci tangan setiap selesai melakukan kegiatan. Kebiasaan cuci tangan, akan efektif mencegah badan mu dari terpapar virus seperti flu.

Kamu juga perlu untuk selalu membawa hand sanitizer kemana pun,sebagai pengganti air dan sabun, jika tidak bisa menemukan kedua hal tersebut di lokasi.

4. Rutin berolahraga

Sebagai anak kos, biasanya aktivitas mu akan sangat padat. Jangan pernah lupa, meluangkan waktu, minimal 2,5 jam setiap pekan untuk berolahraga. Karena olahraga sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Mencukupi kebutuhan tidur

Jangan pernah pekerjaan dan tugas kuliah membuat durasi tidur harian mu berkurang ya. Karena, selain bikin konsentraris menurun, kurang tidur juga mudah menurunkan daya tahan tubuh, serta memicu stres.

Cukup tidur di malam hari, dengan durasi 8-9 jam, bisa menjadikan badan mu lebih segar dan berenergi. Dengan begitu, maka kamu akan semakin produktif dalam berbagai aktivitas sehari  – hari.

Baca Juga: Bisnis Kos-Kosan, Antara Idaman Semua Orang dan Tantangannya

6. Rutin membersihkan kamar

Kamar yang kotor merupakan sarang penyakit. Bayangkan saja jika kamarmu dipenuhi debu, bukan sekadar alergi dan batuk yang mengintaimu, tapi juga penyakit pernapasan kronis. Belum lagi jika kamu malas mengganti seprai atau membersihkan lantai, bisa-bisa kamu terkena infeksi kutu atau gigitan serangga.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu wajib membersihkan kamarmu secara rutin! Jangan malas untuk mengelap debu yang menempel di jendela atau perabotan kamar, menyapu dan mengepel lantai, menyikat wc dan lantai kamar mandi, serta mengganti seprai.

7. Menyiapkan kotak P3K

Hal lain yang tidak boleh kamu lupakan adalah menyiapkan kotak P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) di kamar kos untuk mengantisipasi jika kamu mengalami cedera atau sakit.

si kotak P3K yang disarankan adalah obat untuk mengatasi diare, obat pereda nyeri (misalnya paracetamol), obat flu, obat antiseptik, kapas, perban, dan plester.

Leave a Comment