4 Alat Masak Serbaguna Yang Anak Kos Wajib Punya

Jadi anak kos berarti sudah harus siap untuk mandiri, dan melakukan segala sesuatunya dengan inisiatif sendiri tanpa lagi ada bantuan dari orangtua dan saudara.Termasuk juga untuk memasak.

Ya, sebagai anak kos, meskipun kamu cowok, juga dituntut untuk bisa memasak sendiri. Sebagai upaya untuk bisa menghemat pengeluaran makan. Karena,kalau makan mu beli terus, sudah pasti akan membuat uang bulanan lebih cepat menyusut.

Untuk memasak tentu perlu perlengkapan. Namun untuk anak kos, khususnya yang di kosannya tidak disediakan dapur basah, kamu perlu perlengkapan yang mudah dan praktis untuk bisa menyiapkan masakan. Nah perlengkapan apa saja ya itu? Simak ulasan dari Cokro Indonesia berikut ini:

  • Panci

Jika di kosan ada dapur basah dan kompor, maka peralatan utama yang kamu perlu punya adalah panci. Kenapa panci?

Karena panci bakal menjadi alat masak serba bisa lho. Selain untuk memasak air, dan indomie kegemaran kita semua, panci juga akan sangat berguna, ketika kalian mau membuat sayuran berkuah, seperti sop.

Selain itu, panci juga bisa lho dibuat untuk menggoreng beberapa makanan sederhana. Misalnya tahu, tempe, sosis dan nugget.

Sebaiknya kalian juga punya panci sendiri. Selain agar tidak perlu antre kalau mau masak. Juga untuk bisa menjaga kebersihan dan sterilitas alat memasak pribadi.

  • Rice Cooker

Alat yang juga dikenal dengan nama magic com ini sebenarnya memang dikhususkan untuk menanak nasi.  Namun, jika kosan mu tidak menyediakan dapur dan kompor, rice cooker bakal bisa jadi penyelamat hidup mu lho.

Lantaran, selain mampu menanak nasi dengan praktis, rice cooker juga punya fungsi lain. Seperti memanaskan makanan, mengukus, menggodok, bahkan juga menggoreng lho.

Hanya saja, ketika memasak di rice cooker, kalian harus menjaga agar lapisan panci nya yang anti gores, tidak terlalu sering terkena benda keras dan tajam. Demi menjaga lapisannya tetap awet. Karena, lapisan ini yang akan membantu nasi atau masakan kalian bisa matang dengan baik.

  • Kompor portable

Kalau memang ibu kos mengizinkan kalian membawa kompor portable ke kosan, maka ini peluang besar kamu bisa berkreasi kuliner semaksimal mungkin.

Hanya ketika memasak usahakan tetap di ruang terbuka. Atau, jika harus di dalam kamar, usahakan pintu dan jendela terbuka, agar sirkulasi udara tetap terjaga.

Selain itu, kalian juga harus hati – hati dalam menangani gas dari kompor portable ini, saat memasang ataupun melepas. Agar tidak terjadi, hal – hal yang tidak diinginkan.

  • Panci listrik

Alat masak terakhir yang kalian perlu miliki, khususnya jika di kosan tidak ada dapur, adalah panci listrik.

Panci yang desainnya tersusun dari dua bagian (panci + kompor listrik) akan membuat kalian bisa banyak bisa berkreasi dengan masakan sederhana. Disamping sekedar hanya membuat mie instan dan juga kopi.

Dengan panci listrik ini, kamu tetap bisa menggoreng, mengukus dan juga menumis masakan. Hanya saja kapasitasnya mungkin tidak bisa terlalu banyak.

Itulah beberapa peralatan memasak praktis yang bisa membantu kalian para anak kos, untuk tetap bisa memasak selama ada di kos-kosan.

Leave a Comment