Photo by Satyam HCR on Unsplash

5 Usaha Bisnis yang Bisa Dilakukan Anak Kos Selama Kuliah

Buat anak kos, selain berkuliah dan belajar, perlu juga kegiatan lain yang bisa menghasilkan pundi – pundi rupiah. Selain bisa menambah uang jajan, juga perlu sebagai bekal pengalaman kerja, yang akan sangat berguna ketika lulus nanti.

Namun apa saja ya peluang usaha yang bisa dijalankan anak kos? Simak ulasan blog.cokro berikut ini:

1.Foto dan Videografer

Photo by Jakob Owens on Unsplash

Jika dulu pekerjaaan sebagai fotografer suka dipandang sebelah mata, karena dianggap sepele, namun tidak dengan sekarang. Karena, orang sudah melihat foto dan video adalah sebuah karya seni yang perlu upaya, tenaga dan tentu saja peralatan yang biasanya harganya tidak bisa dibilang murah.

Jika kamu berpikir menjadi foto dan videorafer perlu biaya besar, pemikiran mu memang tidak salah. Namun soal peralatan bisa diakalin sih, karena di zaman sekarang sudah banyak persewaan kamera, lensa dan peralatan foto video lainnya. Harga sewa nya juga terbilang tidak terlalu mahal, dan masih memberikan peluang besar buat kamu mendapatkan profit dari proyek foto atau video.

Terpenting adalah, kamu mau belajar dan mau terus mengasah skill fotografi mu. Selain banyak memfoto, banyak melihat tutorial di YouTube juga bisa jadi solusi.

Hanya saja idealnya sebagai modal dasar, kamu bisa punya sebuah kamera DSLR atau mirrorless, cukup dengan lensa kit standar saja.

Keuntungan dari bisnis ini juga terbilang lumayan. Untuk satu proyek foto atau video, setidaknya kamu bisa mengantongi Rp 300 ribu- Rp 600 ribu bersih.

2. Penulis Lepas

Jika kamu gemar dengan dunia tulis menulis dan tidak terlalu menyenangi tantangan outdoor seperti fotografi tadi, jadi penulis lepas, bisa jadi salah satu pilihan profesi bagi anak kos lho.

Apalagi profesi ini juga tidak memerlukan kamu bepergian kemana – mana. Rasanya memang juga pas untuk masa pandemi seperti sekarang.

Banyak sekali pilihan pekerjaan dalam profesi penulis lepas. Selain sebagai pengisi di berbagai rubrik portal berita yang banyak tersedia, kamu juga bisa menjadi penulis untuk review barang,  copywriting dalam web dan media sosial, atau juga membantu teman kampus dalam menuliskan tugas mereka. Tapi ingat hanya menulis ya, bukan kamu yang mengerjakan tugasnya hehehe.

Bicara modal, untuk profesi penulis ini juga minim banget lho.Kalaupun kamu tidak ada PC atau laptop, hape pintar mu juga sudah bisa banget jadi senjata. Kalau nulis di layar hape tidak puas dan nyaman, maka kamu bisa pakai keyboard Bluetooth yang kini banyak dijual di pasaran dengan harga murah.

Soal pendapatan, profesi yang satu ini juga menjanjikan profit yang termasuk Oke lho. Untuk satu tulisan pendek, kamu bisa mematok harga Rp 10ribu – Rp 30ribu. Sedangkan untuk tulisan panjang bisa sampai Rp 100 ribu.

4. Guru Les Bimbingan Belajar Online

Dengan adanya pandemi, bimbingan belajar dan pengajaran online atau daring kini juga menjadi tren. Nah hal ini juga bisa kamu lakukan. Jika belum ada koneksi, kamu bisa bergabung sebagai pengajar di berbagai website pembelajaran yang kini banyak tersebar. Salah satunya adalah bizlab.

Kamu bisa mengajar sesuai dengan ilmu yang selama ini kamu miliki, atau juga apa skill yang bisa kamu lakukan. Belajar online tidak melulu soal mata pelajaran, namun juga bisa life skill, misalnya memotret, memasak, menulis, desain grafis dan banyak hal lain.

Pendapatan dari profesi ini juga termasuk ok lho. Untuk setiap siswa yang belajar kamu bisa dapat antara Rp 50ribu – Rp 100 ribu.

5. Perakitan dan Instalasi Komputer

Photo by ELLA DON on Unsplash

Bagi kamu yan suka otak-atik gadget dan komputer, profesi yang ini juga bakal oke banget. Apalagi dalam masa pandemi yang menuntut orang lebih banyak di rumah saja, membuat kebutuhan akan PC dan Laptop jadi semakin meningkat, baik untuk belajar, bekerja, maupun hiburan dan gaming.

Kamu bisa membuka jasa perakitan komputer atau perbaikan nya termasuk laptop, dengan layanan antar ke rumah dan COD yang tentu akan memudahkan para pemakai jasa mu.

Soal nilai keuntungan yang bisa kamu dapat dari jasa ini, Hmm.. jumlahnya bisa sangat tidak terbatas lho. Sangat bergantung pada tingkat kesulitan serta juga barang-barang yang akan disetup ke dalam PC nya. Namun rata – rata mungkin kamu bisa dapat Rp 50ribu – Rp 200ribu untuk tiap pekerjaan.

Nah itulah tadi beberapa profesi yang bisa dipilih oleh anak kos, untuk dapat menambah uang jajan, dan tentu saja bisa meringankan beban orangtua. Namun apapun profesi mu, jangan lupa bahwa kuliah adalah ‘pekerjaan utama’ mu sebagai Mahasiswa ya Gengs!

Leave a Comment