Tips Hidup Sehat Buat Anak Kos

Kehidupan anak kos sering disebut jauh dari kata sehat. Hal ini berdasar dari gaya hidup yang jauh dari lingkungan rumah asal, sehingga dianggap tidak ada pengawasan. Selain anak kos harus bisa beradaptasi dengan keuangan yang pas-pasan, sehingga harus makan dengan seadanya.

Namun gaya hidup tidak sehat seperti ini, tentu bisa membawa dampak negative kepada kondisi fisik dan psikis, yang ending  -endingnya justru bikin anak kos jadi sakit, dan bikin khawatir orangtua di kampung halaman.

Tapi, seperti dilansir dari Allodokter, ada beberapa tips gaya hidup sehat sederhana, yang bisa diterapkan oleh kamu yang anak kos. Seperti apa ya? Ayok deh baca ulasannya di bawah ini:

1. Merapikan kamar

Tinggal di kamar yang sempit sudah pasti dialami banyak anak kos. Pada ruangan berukuran  3×3 meter sepert ini lah kalian harus istirahat, belajar dan melakukan berbagai kegiatan lain, serta harus selalu bisa mengatur suasana hati agar selalu positif ketika berada di luar kamar.

Salah satu cara agar kehidupan di kosan kamu tetep sehat, ya dengan selalu menjaga kamar agar bersih dan rapi. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kerapihan kamar, misalnya seperti:

Mendekorasi kamar, mengatur penerangan dengan baik, menjaga kebersihannya, serta selalu memebrikan sirkulasi udara yang baik di dalam kamar.

2. Rutin sarapan setiap hari

Skip sarapan biasanya banyak dilakukan anak kos, entah karena alasan ngirit, atau buru – buru ngampus. Stop melakukan hal ini!

Karena, sarapan dengan rutin setiap hari, justru akan menjadi sumber energi agar tetap bisa fokus menjalani hari – hari yang padat dan berat.

Memang tidak mudah bagi anak kos untuk sarapan, namun ada beberapa saran yang bisa membuatnya lebih gampang dilakukan

Sarapan dengan potongan buah segar, akan mempersingkat waktu persiapan, bahkan bisa dimakan sambil jalan keluar dari kosan. Kemudain sereal dan semangkok susu juga bisa jadi pilihan tepat, karena praktis. Membuat telur dadar dan dimakan dengan roti, juga jadi sarapan gampang, namun tetap mampu memenuhi kebutuhan protein dan karbohidrat.

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu sarapan setiap pagi untuk mengawali hari yang lebih sehat. 

3. Sering minum air putih

Kopi dan aneka minuman ringan, sudah pasti jadi bagian kehidupan anak kos, khususnya yang cowok. Demi bisa mengimbangi kebiasaan kurang baik tersebut, usahakan untuk serajin mungkin mengkonsumsi air putih.

Hal ini memiliki tujuan agar kalian terhindar dari dehidrasi. Karena jika kamu mengalami dehidrasi akan membuat rasa mudah lelah menghinggapi badan, begitu juga dengan penurunan konsentrasi, yang tentu menganggu belajar mu.

4. Membawa makanan dari kosan

Disamping makan tiga kali sehari+ cemilan, hidup sehat di kosan juga bisa dilakukan dengan tips terbiasa memiliki stok makanan di kamar kos.

Memang beberapa rumah kos menyediakan lemari pendingin untuk dipakai bersama. Jika kosan kamu seperti ini, manfaatkan semaksimal mungkin, untuk menyimpan persediaan pangan mu.

Tetapi tidak hanya menyimpan, kalian juga harus bisa mengolah bahan – bahan tersebut menjadi makanan siap saji. Memasak sendiri juga justru lebih hemat dan sehat dibanding terus menerus beli di luar.

Nah, beberapa cemilan dan tips berikut bisa jadi ide buat kamu yang mau nyetok makanan di kosan.

a. Yogurt sebagai snack

  • Pilihlah yogurt dengan kandungan lemak yang rendah atau tidak ada sama sekali
  • Campur yogurt dengan buah dan kacang-kacangan untuk sarapan
  • Taburkan cinnamon dan beberapa keping cokelat sebagai snack
  • Simpanlah masing-masing bahan agar tidak tercecer

b. Memasak telur dengan microwave

Beberapa kos-kosan juga menyediakan microwave yang dapat digunakan bersama. Anda dapat menggunakannya untuk memasak.

Selain menggunakan penggorengan, telur juga dapat dimasak menggunakan microwave. Caranya dengan membuat mengocok telur terlebih dahulu dalam mangkuk kecil. Setelah itu, panaskahlah ke dalam microwave selama 3-4 menit. 

c. Memanfaatkan keju 

  • Usahakan untuk memilih keju yang mengandung 2% susu atau rendah lemak
  • Membuat stik keju agar mudah untuk dikonsumsi selama bepergian 
  • Keju dapat digunakan sebagai isi dari roti atau sandwich Anda
  • Mencampurkan keju dengan telur omelete 

5. Berolahraga

Apakah kamu termasuk anak kos yang jarang olahraga, dengan alasan jadwal padata dan isi dompet yang ngepres?

Hmm olahraga juga gak harus mahal kok ngab. Lakukan gaya hidup sehat berolahraga dengan aktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari.

Untuk hal ini, kamu tidak harus datang ke gym atau punya kelas olahraga khusus yang menguras kantong.  Cukup dengan jalan sore/ pagi atau juga jogging di sekitaran kosan.

Kalau masih kesulitan meluangkan waktu, bisa kamu ganti dengan bersepada atau berjalan kaki ke kampus atau kantor. Bahkan di kamar kamu juga bisa lho olahraga.

Disamping bikin badan selalu fresh, jalan ke  kampus juga akan membantu mengurangi polusi yang semakin buruk.

Hidup sehat di kosan memang terdengar sulit dijalani, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Yang pasti, adalah tekad kalian dan semangatnya untuk bisa selalu hidup sehat di tengah segala keterbatasan yang ada.

Leave a Comment