6 Hal yang Wajib Kamu Pahami, Sebelum Memutuskan Ngekos

Jika di rumah kita selalu dimanja dengan segala fasilitas yang tersedia, serta orangtua dan saudara yang selalu siap membantu, juga segala kehidupan diawasi orang rumah, maka kini di kosan semua harus bisa kita lakukan sendiri.

Nah, apa saja yang ya, yang perlu kita persiapkan ketika memasuki kehidupan baru bernama ngekos ini?  Mari simak ulasan Blog Cokro, seperti dilansir dari idntimes.com berikut ini:

1. Cari kos sesuai budget atau kenyamanan

Ada istilah ‘kenyamanan adalah segalanya’ ya dalam mencari kos hal ini juga bisa kalian jadikan pijakan. Namun jangan lupa kenyamanan nya tetap harus sesuai budget yang gaess.

Karena setiap orang akan memiliki limit budget yang berbeda. Sehingga sebelum memilih kosan yang tepat, pertimbangkan jarak dengan tempat kerja/ kuliah, serta untuk kepentingan umum lainnya.

Jadi, pilih budget atau nyaman? Semua kembali ke kamu, ya. Risetlah dulu sebelum menentukan, karena ini merupakan rumah kedua yang akan kamu tempati nantinya.

2. Pahami kebutuhan dan keinginan 

Memisahkan kebutuhan dan keinginan menjadi hal yang penting. Sehingga mana yang menjadi kebutuhan harus didahulukan, di atas keinginan belaka.

Mungkin kalau kamu di rumah, keinginan bisa gampang dicapai, karena ada ortu yang selalu siap support. Namun ketika di kosan dan jauh dari mereka, maka hal ini harus dipikirkan masak –masak. Karena ini juga berhubungan dengan uang bulanan mu.

Jangan sampai karena hanya memenuhi keinginan, uang bulanan habis duluan, dan mengalahkan kebutuhan utama, seperti bensin, bayar kosan, bayar semesteran dan makan.

3. Mulai perhitungkan kebutuhan bulanan 

Pada awalnya, tentu kamu tidak terlalu peduli dengan perhitungan pengeluaran bulanan, karena selalu mendapatkan perhatian dari ortu.Tapi, dengan di kosan, maka kamu sudah saatnya membuat rencana terperinci dan membuat pos-pos pengeluaran.

4. Cuci baju sendiri dan masak sendiri 

Masak sendiri, cuci baju sendiri sudah wajib kamu lakukan sekarang. Selain karena lebih hemat, dengan melakukan dua hal ini sendiri maka kamu bakal bisa terjamin kebersihan dan kesehatannya.

5. Atur waktu dengan bijak 

Hal berikutnya yang juga wajib kamu perhatikan adalah masalah waktu. Bahwa waktu adalah sangat penting.

Manajemen waktu akan sangat kamu perlukan ketika hidup di kosan. Kamu boleh menggunakan konsep 8 jam. Di mana pembagiannya adalah, 8 jam kerja, 8 jam istirahat dan 8 jam lagi bebas, kamu bisa gunakan untuk apa. Tinggal kamu yang menentukan dengan memilih hal – hal positif yang berguna.

6. Jaga komunikasi dengan keluarga

Satu hal terakhir yang tidak kalah penting adalah ini. Karena seperti apapun kita bukan robot yang muncul karena dirakit. Jadi komunikasi dengan keluarga baik jauh maupun dekat, apalagi satu kota, itu penting banget. Karena silaturahmi, adalah jalan untuk memperpanjang umur dan memperlancar rezeki.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk pindah dari rumah dan memutuskan untuk jadi anak kos. Jadi, pikirkan baik-baik dulu, ya.

Leave a Comment