Tips Makan Hemat Buat Anak Kos, Seminggu Cuma Rp 65.000!

Kamu termasuk anak kos yang merasa kesulitan berhemat soal belanja makan sehari –hari? Maka tips hemat berikut ini sangat layak kamu simak. Hanya dengan Rp 65.000, kamu sudah bisa lho stok makanan untuk seminggu.

Soal uang belanja memang kerap jadi masalah. Jangankan yang ngekos, yang sudah rumah tangga saja sering mengalaminya. Sehingga memang banyak anak ks yang kesulitan menghemat pengeluaran belanja makan.

Rupanya, seperti dilansir dari detik.com, seorang anak kos punya tips efektif berhemat selama sepekan. Dia adalah Dina Amrianti yang aktif di TikTok melalui akunnya @dinaamrianti. Dia mengunggah tips berhematnya tersebut di sana.

Pada unggahannya di TikTok, Dina berbagi kiat bisa berhemat selama seminggu hanya dengan uang Rp 65.000 untuk makan. Bukan saja untuk satu menu, melainkan bisa jadi beragam menu yang lengkap.Mulai sayur, hinga daging.

Dina menyebutkan bahwa tips utamanya adalah memasak sendiri daripada membeli makanan. Sebab, jika setiap waktu membeli makanan jadi pengeluaran akan lebih banyak.

“Aku suka masak biar lebih hemat aja. Karena kalau di kantor aku udah jajan, beli makan lagi yang rata-rata harganya di atas Rp 15.000. Sehari aku bisa abis Rp 50 ribu-an buat jajan dan makan,” ujar Dina.

Disampaikan Dina, bahwa uang Rp 65.000 tersebut sudah lebih dari cukup bagi dirinya. Soal menu juga menurutnya bisa disesuaikan dengan masing-masing selera.

“Buat sendiri di kos kayak aku si cukup ya. Menunya macem-macem tergantung aku pengennya makan apa aja. Kemarin aku ada bikin ayam lada hitam, ayam bakar, sosis goreng, ayam goreng dan sayuran aku grill aja,” ujarnya Dina.

Dalam video juga terlihat Dina membeli daging ayam setengah panjang seharga Rp 18.000. Daging ayam tersebut dapat dibagi menjadi 6 potong. Daging itu dibumbui dengan garam dan bawang putih.

Lalu disimpan dalam wadah dan dimasukkan ke freezer. Nah, Selain itu, ia juga membeli sosis satu pack seharga Rp 14.000. Dan juga membeli tahu putih seharga Rp 4.00 dengan ukuran besar.

Tahu putih tersebut dipotong-potong dadu dan dimasukkan dalam wadah. Dan membeli tiga jenis sayur, seperti buncis, wortel dan jagung. Sayurannya dipotong kecil-kecil dan diletakkan dalam satu wadah.

Untuk bumbunya ada cabe merah dan bawang merah yang masing-masin dibeli dengan harga Rp 5.000. Bahan-bahan masakan yang sudah diletakkan dalam wadah disimpan di dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya.

Nah, cara memasaknya adalah tidak dimasak sekaligus dalam satu waktu. Dian mengatakan kalau dirinya selalu memasak satu potong ayam setiap harinya. Jadi, bahan masakan dipakai seperlunya.

“Karna aku dapet ayam 6 potong biasanya aku masak 1 potong ayam per harinya. Menu pendampingnya sosis sayur sama tahu gitu,” pungkasnya.

Leave a Comment