Baru Pertama Merantau? Perhatikan Tips Berikut Agar Dapat Kos-Kosan yang Tepat

Memutuskan untuk merantau demi pendidikan dan pekerjaan untuk kali pertama, jelas bukan keputusan yang mudah. Karena perantau selain harus bisa adaptasi dengan kultur di kota tujuan, mereka juga harus pandai memilih hunia yang tepat.

Salah satu pilihan tempat tinggal paling tempat buat anak rantau yang masih belum memiliki pasangan adalah indekos. Namun kamu juga harus tahu, bagaimana  memilih rumah kos yang pas.

Dengan memilih hunian rumha kos, maka kamu tidak akan direpotkan dengan membeli perabotan, karena sudah disediakan. Begitu pula dengan membayar berbagai tagihan bulanan, seperti listrik dan air.

Hanya saja memilih kos-kosan tak semudah membalik telapak tangan. Kamu perlu melakukan berbagai pertimbangan, dan memikirkan masak – masak berbagai aspek, mulai lokasi, fasilitas hingga harga.

Nah, bagi kalian yang baru pertama kali  mau ngekos, berikut sejumlah tips yang bisa kamu lakukan:

1. Tentukan Budget

Sebelum mencari kost-kosan, ada baiknya kamu menentukan budget terlebih dahulu. Karena harga kost-kosan sendiri bervariasi tergantung lokasi dan fasilitas yang ditawarkan. Jika kamu merantau karena kuliah, usahakan untuk berunding dengan orang tua terlebih dahulu. Karena pada dasarnya mereka lah yang membiayai kost-kosan kamu nanti. Jangan sampai kosan yang kamu pilih tidak sesuai dengan budget orang tua. Berbeda jika kamu merantau untuk bekerja, kamu bisa menyesuaikan biaya kosan dengan penghasilan kamu per bulannya.

Jika budget sudah kamu tentukan, kamu bisa mencari kost-kosan dengan membandingkan antara harga dan fasilitas yang ditawarkan.

2. Pilih dan Cek Lokasi

Setiap anak rantau pasti ingin mencari kosan yang dekat dengan kampus atau kantor mereka demi menghemat waktu perjalanan. Biasanya di sekitar Universitas dan area perkantoran memang terdapat banyak kost-kosan dengan berbagai variasi harga. Namun tentunya kost-kosan yang berada di tempat strategis memiliki harga yang lebih mahal.

Jika merasa tidak sesuai budget, kamu bisa mencari kosan dengan lokasi yang agak sedikit jauh dari kampus atau kantor. Setidaknya bisa ditempuh hanya dengan satu kali angkutan umum.

Selain itu, cek juga apa lokasi sekitar cukup aman terutama bagi para wanita serta apakah area tersebut bebas banjir. Usahakan juga terdapat tempat makan di sekitar kosan untuk memudahkan kamu yang tidak bisa memasak.

3. Cek Fasilitas

Jika sudah mendapatkan pilihan kost yang kamu mau, selanjutnya kamu harus mengecek fasilitas apa saja yang ada. Standarnya, kosan biasa memiliki fasilitas seperti AC/ kipas angin, tempat tidur single, lemari, meja dan kursi. Sedangkan untuk kamar mandi, kamu bisa memilih kamar mandi di luar atau di dalam. Jika kamu menyukai privasi, kamu bisa memilih kamar mandi dalam.

Cek juga ketersediaan perabotan di dapur seperti kompor atau lemari es yang memudahkan kamu untuk memasak dan menyimpan bahan makanan. Serta jangan lupa, tanyakan apakah tersedia WiFi atau tidak untuk memudahkan kamu mengerjakan tugas kampus atau pekerjaan kantor.

4. Tanyakan Mengenai Peraturan

Setiap kost-kosan memiliki peraturan yang berbeda-beda, ada yang ketat ada juga yang bebas. Agar nantinya kamu selalu nyaman, ada baiknya kamu menanyakan mengenai aturan-aturan apa saja yang ada di kosan. Misalnya apakah kosan tersebut memiliki jam malam atau bisakah kamu membawa teman untuk menginap di kosan.

5. Gunakan Aplikasi

Jika kamu merasa kesulitan untuk mencari kost-kosan yang tepat, kamu bisa menggunakan aplikasi penyedia kost yang saat ini sudah mulai marak di Indonesia. Seperti contohnya Cokro. Dengan aplikasi pencari kost, kamu bisa dengan mudah mencari kosan yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang kamu mau.

Leave a Comment