5 Trik Agar Kamar Kos Bisa Makin Rapi Dengan Biaya Murah

Kamu bisa dengan bebas mendesain kamar kostmu kedalam berbagai gaya, mendekorasinya sesuai dengan apa yang kamu mau. Namun, yang selalu menjadi pertanyaan besar adalah bagaimana caranya mewujudkan desain kamar kost rapi biaya murah. Bagaimana caranya kamar kostmu tetap nyaman dan tampil ciamik tanpa harus mengeluarkan banyak biaya?

Teramat jarang kita jumpai kamar kos yang luas banget. Sehingga memang luasan yang terbatas ini, menjadi kendala bagi kita anak kos untuk bisa menata dan menaruh barang – barang di kamar dengan estetik.

Untuk itu, diperlukan beberapa trik khusus agar segala barang tetap muat di kamar kos, serta tidak menghabiskan banyak biaya, jadi cocok banget buat anak kos dan kaum mendang-mending.

Berikut adalah beberapa trik yang dirangkum Cokro.com dari berbagai sumber:

1. Jadikan Bagian Bawah Ranjang Jadi Ruang Penyimpanan Baru

Kamar kos akan terlihat sumpek karena dipenuhi banyak perabotan yan memakan tempat. Mulai kasur, lemari, hingga meja. Nah, saat ini sudah banyak produk furnitur yang multifungsi dan praktis untuk berbagai penyimpanan alternatif, namun kebanyakan harganya tidak ramah di kantong anak kos.

Bagi sebuah desain kamar kos rapi dengan biaya terjangkau, kamu bisa memakai tempat tidur dengan dipan. Meskipun ranjang mu tidak terlalu tinggi, kamu bisa menggunakan peninggi kaki ranjang. Nanti nya ruang di bawah kasur bisa kamu pakai untuk laci pakaian dan kotak penyimpanan.

2. Gunakan Furnitur Portabel

Jika memang luasan dari kamar kos tidak memungkinkan untuk ditaruh meja belajar, sekarang kamu bisa memfungsikan berbagai produk portabel. Semisal menggunakan meja lipat. Bagi desain kamar kos dengan biaya terjangkau, kamu juga bisa memakai segala furnitur yang bisa diringkas dan lipat, seperti meja laptop dan kursi lipat. Sehingga kamu bisa menyimpannya di sisi-sisi ruangan. Disamping hemat ruang. Harga produk portabel juga relatif murah.

3. Siasati Tempat Penyimpanan Dengan Rak

Beberapa pemilik kos tidak mengizinkan kamu memasang rak dinding di dalam kamar, sebenarnya ambalan pada dinding adalah solusi praktis untuk menggantikan fungsi rak buku. Untuk desain kamar kost rapi biaya murah, alternatif lain untuk menyimpan buku adalah menempatkan rak di atas meja belajar atau menggunakan rak kain yang bisa kamu gantung.

Kamu juga bisa memanfaatkan bagian belakang pintu untuk membuat desain kamar kost rapi biaya murah. Selain untuk menggantung baju-baju, kamu bisa memasang rak plastik untuk kebutuhan lain misalnya tempat buku dan alat tulis. Memakai rak-rak yang tersusun, area belakang pintu pun akan terlihat lebih rapi. Jangan lupa juga untuk menggunakan rak sepatu agar sepatumu tersusun rapi.

4. Manfaatkan Barang-Barang Bekas

Sebagai anak kos, kamu pasti sangat bergantung dengan makanan-makanan instan, termasuk sereal. Salah satu cara kreatif yang bisa menjadi solusi untuk desain kamar kos rapi biaya murah adalah mendaur ulang kotak sereal menjadi wadah penyimpanan barang-barang di laci. Kamu bisa membungkusnya dengan kertas kado agar terlihat lebih manis dan cute.

Kabel-kabel gadget yang berbelit satu sama lain dan berserakan di lantai bisa membuat kamar kost jadi semerawut. Untuk penataan desain kamar kost rapi biaya murah, kamu bisa lho mengaturnya dengan memasang penjepit kertas disamping meja kerjamu.

5. Rak Tahan Air untuk Area Dapur Kecil

Hal lain yang nggak boleh kamu abaikan untuk desain kamar kos rapi biaya murah adalah menyediakan tempat untuk menyimpan koleksi peralatan makan dan persediaan makanan. Pilihlah rak-rak yang tahan air, salah satunya adalah rak dorong besi yang juga bisa digunakan untuk menyimpan alat make-up dan peralatan mandi. Karena rak ini bisa didorong-dorong, kamu dengan mudah bisa menyimpannya di bawah ranjang dan mengeluarkanya saat kamu perlukan.

Itulah 5 trik ampuh untuk membuat desain kamar kost rapi biaya murah, dijamin kamu semakin merasa nyaman dan betah tinggal di kosan. Ternyata kamar kos yang rapi nggak perlu budget yang luar biasa mahal, kan? Jika kamu sedang mencari rak serbaguna, Dekoruma menyediakan rak pakaian dan rak sepatu merek Ninebox yang serba praktis dan tidak makan tempat.

Leave a Comment