3 Tantangan Utama Dalam Menjalankan Bisnis Kos-Kosan yang Sukses

Cokro.com – Bisnis kos-kosan memang dikenal sebagai usaha yang ‘gurih’, dalam artian bisa mudah mendatangkan pemasukan dan keuntungan, tanpa upaya besar, alias bisa menjadi pasif income.

Namun dibalik gurihnya bisnis indekos, ada beberapa kendala yang juga bisa menghadang anda di tengah upaya menjalankan bisnis tersebut. Apa saja tantangannya? Berikut kami rangkumkan dari berbagai sumber:

1.Soal lingkungan kos-kosan

Hampir semua anak kos akan terlebih dahulu memperhatikan lingkungan di sekitar rumah kosnya seperti apa, sebelum akhirnya memutuskan menyewa kamar kos.

Anak kos akan lebih sennag dengan lingkungan yang bersih, aman dan nyaman, serta strategis dan mudah mendapat akses ke penjual kebutuhan sehari – hari dan lain sebagainya.

Anda juga bisa meminimalisir berbagai kejadian tidak diinginkan, khususnya kriminalitas, dengan melakukan analisis mendalam dan survey langsung, ketika anda mendapatkan lokasi untuk membangun hunian kos.

2.Anak kos yang suka telat bayar sewa kamar

Namanya anak kos, pasti ada macem – macem karakternya. Mulai dari yang rajin bayar sewa kamar, sampai yang suka nunggak. Nah yang terakhir ini yang bisa membahayakan cash flow anda.

Untuk mengantisipasi hal tersebut anda harus membuat peraturan yang tegas dan jelas. Atau anda bisa memanfaatkan system manajemen kos seperti yang dimiliki oleh Cokro Host. Yaitu system pembayaran sewa kos secara otomatis dan online.

Setiap penyewa kamar kos, akan otomatis ditagih dari system Cokro Host, serta melakukan pembayaran secara online. Sehingga anda tidak lagi harus repot – repot menagih satu persatu ke anak kos.

3.Kebersihan hunian kos sering terlewatkan

Meskipun berkesan remeh, namun kebersihan lingkungan bangunan kos seringkali terlewatkan oleh kita sebagai pengelola bisnis.

Sehingga sebagai antisipasi hal tersebut, adalah ideal jika anda memiliki pegawai atau asisten yang akan membantu anda dan para anak kos untuk bisa menjaga kebersihan hunian dan kamar kos.

Disamping itu dengan keberadaan asisten, maka  anda juga bisa melakukan pengawasan penuh dan langsung kepada kondisi kos.

Jika anda tidak punya banyak waktu untuk bisa selalu berkunjung ke bisnis kos-kosan anda, maka anda juga bisa memanfaatkan system manajemen kos yang disediakan Cokro Host, yang membuat anda bisa menjalankan dan mengawasi bisnis kos hanya dari genggaman tangan.

Leave a Comment