3 Tips Jitu Bagi Pengusaha Bisnis Kos – Kosan, Agar Mampu Bertahan di Tengah Pandemi

Cokro.com – Pandemi jadi tantangan besar bagi banyak pelaku usaha, khususnya pebisnis kos-kosan. Apalagi bagi mereka yang mengandalkan pasar dari mahasiswa. Karena selama pandemi, semua kampus memberlakukan pembelajaran jarak jauh alias daring, sehingga banyak mahasiswa akhirnya memutuskan untuk pulang kampung.

Salah satu cara bertahan bagi bisnis kos di masa pandemi seperti sekarang, adalah sedikit merubah konsep bisnis nya. Bisa jadi, dari yang sebelumnya target pasarnya adalah kampus, bisa dirubah jadi kelas pekerja. Karena meskipun pandemi, sektor usaha dan bisnis dipastikan tetap berjalan, beda dengan mahasiswa yang mau tidak mau harus menjalani kuliah online.

Lalu, hal – hal apa sajakah yang diperlukan untuk merubah kos dari pasar mahasiswa ke kelas pekerja? Ikuti tips dari Cokro.com berikut ini:

1.Perubahan fasilitas

Hal paling mencolok yang harus dirubah dari kos mahasiswa ke kos pekerja adalah fasilitas. Kaum pekerja, khususnya di era sekarang sangat membutuhkan jaringan internet yang lumayan kencang dan stabil. Karena bukan tidak mungkin mereka harus menjalani work from home (WFH) yang bisa dijalani dari kos-kosan. Sehingga anda harus menyediakan jaringan internet yang baik.

Selain itu pada kelas pekerja ini juga membutuhfkan fasilitas seperti lokasi parkiran yang lebih nyaman dan mudah diakses. Karena kebanyakan dari mereka sudah pasti membawa kendaraan, bisa roda dua ataupun roda empat. Sehingga anda perlu untuk bisa memberikan akses kenyamana untuk lahan parkir bagi anak kos.

2.Bersih dan tenang

Berbeda dengan anak kos mahasiswa yang lebih suka ngumpul nongkrong dan bersenda gurau di kosan. Maka anak kos dari kelas pekerja, biasanya lebih banyak beristirahat ketika sudah tiba di kosan.

Untuk itu, anda harus bisa memberikan jaminan kenyamanan, kebersihan dan ketenangan di kos-kosan. Sehingga mereka bisa langsung beristirahat dengan tenang ketika tiba di rumah kos, tanpa ada gangguan apapun.

Dari sini, anda dituntut punya upaya lebih dalam memberikan jaminan kebersihan dan kenyamanan. Rasanya anda perlu memperkerjakan asisten untuk bisa membantu memastikan kebersihan dan ketenangan di kos-kosan sebagai pengawas dan pekerja.

3. Fasilitas tambahan

Jika sebelumnya bagi kos mahasiswa mungkin anda tidak punya layanan tambahan seperti catering dan laundry, mungkin jika kini pasar anda kelas pekerja, saatnya anda memikirkan untuk menambah layanan – layanan tersebut.

Hal tersebut, karena kaum pekerja biasanya sudah sibuk dengan kegiatan di kantor. Sehingga mereka tidak punya banyak waktu untuk mencuci baju atau juga memasak dan membeli makanan.

Sehingga ini menjadi peluang baru bagi anda pelaku bisnis kos, untuk bisa menambah pundi – pundi rupiah dari fasilitas tambahan seperti catering dan laundry.

Selain itu tambahan layanan, seperti mencuci kendaraan, dan membersihkan kamar, akan jadi layanan yang bakal cukup diminati bagi anak kos dari kalangan pekerja.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan pengusaha rumah kos, untuk bisa bertahan di tengah pandemi, seperti sekarang ini.

Leave a Comment