4 Cara Hidup Hemat Ala Anak Kos, yang Asli Bikin Kamu Gak Nyesel

Cokro.com  – Hidup sebagai anak kos seperti kita memiliki kewajiban yang tidak tertulis, alias rahasia umum, bahwa harus hidup lebih hemat dalam sehari – hari. Penghematan bisa kamu lakukan, mulai dari tempat tinggal, makan, laundry dan lain – lain.

Nah, acapkali sifat gegabah dan impulsive untuk berbelanja lebih alias pemborosan di awal bulan, berakhir dengan penyesalan mendalam di akhir bulan.

Namun daripada kamu Cuma ngegerundel sendiri, ada lho beberapa cara mudah yang bisa dijalani anak kos dalam hal berhemat dan mengatur pengeluaran sehari – hari. Seperti apa caranya? Simak ulasan berikut ini:

1. Terapkan skala prioritas kebutuhan
Ketika sedang jalan-jalan di mal atau swalayan, tidak jarang kamu menginginkan sesuatu yang tidak direncanakan dalam daftar belanja sebelumnya. Padahal, belum tentu kamu membutuhkan barang tersebut. 

Sebaiknya, ciptakan mindset pada diri sendiri untuk menetapkan prioritas pengeluaran dan hindari sikap impulsif. Selalu pertimbangkan dua hingga tiga kali sebelum membeli sesuatu di luar rencana

2. Unsubscribe layanan digital berbayar yang jarang kamu gunakan
Saat ini semakin banyak layanan hiburan digital berbayar yang ditawarkan, mulai dari platform musik, film, hingga fitur premium di dalam aplikasi games. Pada kenyataannya, hanya sebagian platform yang kamu gunakan secara rutin. 
Oleh karena itu, pertimbangkan kembali layanan mana yang jarang kamu gunakan atau carilah alternatif platform yang menawarkan layanan serupa dengan kesempatan bebas akses.
 

3. Mencatat setiap pengeluaran
Ketika tanggal gajian tiba atau saldo di rekening masih dalam batas aman, acap kali kita menjadi lupa diri untuk mengontrol besarnya pengeluaran. Cobalah untuk mencatat setiap pengeluaran agar kamu bisa dengan mudah menelusuri kembali berapa jumlah uang yang telah kamu belanjakan dan apakah sudah melewati batas maksimalnya.
 

4. Cari makan dengan harga yang terjangkau
Tuntutan untuk berhemat harus dipenuhi, namun rasa keinginan untuk nongkrong bersama teman-teman tetap tidak terelakkan. Supaya isi dompet kamu tidak meronta-ronta, pilihlah restoran atau kafe dengan harga yang terjangkau.

Leave a Comment