4 Sifat yang Wajib di Miliki Anak Kos, Selama ada di Rantau

Cokro.com – Jadi anak kos itu bukan sekedar boyongan pindah kamar atau pindah rumah dari kampung halaman ke tanah rantau. Namun ngekos alias jadi anak kos juga menjadi sebuah proses pembelajaran hidup. Oleh karena itu sejumlah sikap dan sifat pun wajib kalian miliki selama menjadi anak kos.

Nah, sifat dan sikap inilah ke depannya yang juga bisa menjadi kunci sukses pendewasaan diri yang bisa bermanfaat di kehidupan kalian ke depan.

Berikut adalah beberapa sifat yang wajib nih dimiliki anak kos selama di rantau, yang dilansir dari Mojok.co:

1.Peka

Sifat penting pertama yang bakal membuat kamu mudah beradaptasi dengan lingkungan baru adalah kepekaan. Dengan peka, maka kamu juga berpotensi langsung mendapatkan rasa hormat dan saying dari warga sekitar.

Peka harus kita miliki, karena kamu akan hidup satu atap dengan orang – orang yang berbeda latar belakang dengan kalian. Ada beberapa hal kecil yang bisa jadi menurut kita biasa saja, namun tidak untuk orang lain.

Seperti memasang weker atau music secara kencang. Membuang sampah tidak pada tempatnya, memarkir motor tidak rapi. Bisa jadi hal – hal tersebut bagi kita biasa, namun bagi tetangga kos adalah gangguan.

Oleh karena itu, dalam hal ini, kita dituntut agar selalu bisa bersikap peka.

2.Kemandirian

Ini bisa jadi pelajaran utama yang kalian dapat dari ngekos. Karena bukan sekedar memindah barang dari rumah ke kosan, maka keputusan untuk tinggal di indekos akan menuntut hal yang lebh dari itu.

Hal – hal kecil yang mungkin di rumah dikerjakan oleh orangtua, seperti bersih – bersih, mencuci, memasak, bayar tagihan dan lain sebagainya, kini harus kalian kerjakan sendiri.

Bisa jadi tantangan kemandirian paling besar bakal datang ketika kalian sakit di kosan. Kalau di rumah mungkin enak krena banyak yang memperhatikan. Namun ketika di kosan sendiri, mau tidak mau kamu harus mengurus diri mu sendiri, sembari melakukan aktivitas harian seperti biasanya.

3.Rasa tanggung jawab

Disamping kesempatan kini bisa menentukan semua langkah hidup sendiri tanpa halangan aturan ketat dari ortu, ternyata hidup di kosan juga menuntut kalian untuk hidup lebih bertanggung jawab, khususnya kepada diri sendiri.

Contoh paling nyata adalah, bertanggung jawab kepada kondisi keuangan. Ya, selama ngekos kalian diwajibkan untuk bisa mengelola keuangan pribadi. Di mana meskipun berkesan sederhana, tetapi sejatinya permasalahan ini tetap butuh trik dan rasa tanggung jawab tinggi.

Banyak kejadian bahwa mahasiswa harus hidup terlunta – lunta di akhir bulan karena kondisi keuangan yang menipis habis. Hal ini sebenarnya tidak akan terjadi, ketika kita bisa disiplin dalam mengelola dan mengawasi keuangan.

4.Tenggang rasa

Keluarga terdekat dan terbaik yang bakal kita miliki selama ngekos yang pasti tetangga kamar kos. Ada apa  – apa, merekalah yang akan menolong kita. Semisal butuh pinjam uang, menemani ke dokter, atau bahkan jadi rekan dalam mengerjakan tugas kampus.

Jangan lupa buat membalas jasa tetangga kosan. Jangan lupa bantuin mereka kalau mereka lagi susah.

Leave a Comment