4 Tips Agar Pengusaha Kos-Kosan Bisa Menekan Biaya Sewa Kamar

Cokro.com – Kamar kos yang akan dijual oleh pengusaha kos, biasanya yang dicari adalah yang paling murah. Karena bagaimanapun di masa seperti sekarang ini, harga jadi hal yang paling utama untuk diperhatikan.

Namun banyak hal yang terkadang membuat harga sewa kamar tidak bisa semurah yang kita harapkan. Mulai dari permodalan, hingga juga biaya pemeliharaan yang tinggi.

Lalu bagaimanakah trik agar sewa kamar kos harganya bisa ditekan, sehingga mendapatkan banyak peminat? Simak ulasan berikut ini:

1.Bangunan yang sederhana

Usahakan untuk membuat bangunan kos yang sederhana namun tepat guna. Dalam artian bangunan yang sederhana juga akan membuat pemeliharaan lebih mudah serta mampu menekan biaya nya.

Meskipun sederhana, namun kamu harus tetap mengupayakan agar fungsi dan juga kelengkapan bangunan tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup dari para penyewa kamar kos. Seperti misalnya jendela yang ideal di setiap kamar, kamar mandi yang memenuhi standar sanitasi, tempat menjemur dan mencuci pakaian, serta dapur untuk bersama.

2.Memasarkan dengan media sosial

Dalam sebuah bisnis, pemasaran alias marketing, biasanya akan memakan biaya yang terbesar, begitu juga dengan kos-kosan. Tanpa marketing yang tepat, tentu akan sulit bagi kamu bisa memasarkan unit kamar yang sudah tersedia, apalagi jika lokasi kos mu termasuk tidak di pinggir jalan besar atau keramaian.

Namun dengan beriklan di media massa, tentu kamu akan mengeluarkan biaya tambahan untuk marketing yang tidak kecil, yang otomatis akan mempengaruhi harga sewa kamar.

Nah, untuk bisa menekan biaya pemasaran, kamu bisa memanfaatka beragam media sosial untuk memperkenalkan bisnis kos kamu kepada khalayak. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, TikTok hingga LinkedIn, semua bisa kamu maksimalkan untuk pemasaran, dengan biaya 0 rupiah. Hanya tinggal ketelatenan mu untuk bisa memasarkan bisnis indekos di media sosial.

3.Jangan paksakan membuat kamar terlalu banyak di awal

Awal mula mendirikan kos-kosan, sebisa mungkin kamu jangan langsung membuat kamar yang banyak, dengan harapan bisa langsung menampung banyak anak kos. Alangkah lebih baiknya, kamu bisa maksimalkan saja kamar yang ada.

Lebih baik penambahan unit kamar, disesuaikan dengan kebutuhan penyewa. Ketika kosan mu memang sudah makin ramai, maka kamu bisa menambah unit.

Kenapa tidak disarankan langsung membangun banyak di awal? Karena kamar yang banyak, otomatis biaya pemeliharaan juga akan bertambah. Sedangkan di awal, kamu juga belum tahu bagaimana daya serap pasar terhadap unit kos mu. Sehingga hal ini berpotensi membuat harga sewa kamar akan semakin mahal.

4.Tidak perlu sewa asisten

Jika kamu memang masih banyak waktu luang, alangkah baiknya bisnis kos ini kamu urus sendiri, tanpa harus menyewa asisten atau manajer kos sendiri untuk mengawasinya.

Karena dengan menyewa seseorang, dipastikan aka nada tambahan biaya yang otomatis akan kamu bebankan ke penyewa kos, dalam bentuk harga sewa kamar. Sehingga harapan mu untuk bisa menyewakan kamar kos dengan harga murah, akan sulit terpenuhi.

5.Kerjasama dengan aplikasi

Demi efisiensi waktu dan memaksimalkan tenaga, dengan target harga sewa kamar yang terjangkau, kamu juga bisa mengerjasamakan bisnis kos mu dengan aplikasi penyedia manajemen kos, seperti halnya Cokro Host.

Dengan Cokro Host, kamu bisa mengurus segala hal terkait dengan manajemen dan keuangan rumah kos, hanya dengan satu aplikasi di ponsel pintar mu. Bahkan untuk urusan penagihan sewa kamar, Cokro Host juga sudah mampu melakukannya secara online.

Leave a Comment