4 Tips Buat Mahasiswa Baru Mencari Kos-Kosan di Perantauan

Cokro.com – Ketika akan menjalani kehidupan baru sebagai seorang mahasiswa di tanah rantau, maka  kamu juga harus memiliki persiapan yang baik. Hal pertama yang bisa kamu segera persiapkan adalah mencari tempat tinggal di kota tujuan.

Hal ini tentu berbeda dengan mahasiswa yang rumah tinggalnya dekat dengan mapus, sehingga mereka tidak perlu untuk mencari rumah tinggal baru atau kos-kosan.

Bukan hanya rumah kos, bagi mahasiswa yang punya dana lebih, mereka akan bisa menyewa apartemen atau mengontrak rumah.

Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan tempat tinggal bagi mahasiswa baru yang ramah di kantong.

1. Cari kosan jauh sebelum perkuliahan dimulai

Saat kamu sudah resmi diterima di perguruan tinggi sebagai mahasiswa baru, alangkah baiknya kamu langsung survey ke kampus sambil mencari kos-kosan yang cocok. Biasanya, harga kos saat itu masih normal. Berbeda jika menjelang masuk perkuliahan, biasanya harga kos akan melambung naik. Maka dari itu, kuncinya adalah bertindak dengan cepat agar kamu tidak berebut dengan mahasiswa baru lainnya.

2. Manfaatkan koneksi dengan kakak tingkat

Kedua, kalau kamu mempunyai kakak tingkat di kampus tempat kamu berkuliah, maka manfaatkan koneksi tersebut sebaik mungkin. Kamu dapat meminta saran kepada kakak tingkat mengenai kosan yang letaknya strategis dan harganya ramah di kantong. Dengan begitu, kamu tidak perlu capek-capek untuk mencari kosan yang cocok. Tapi ingat, usahakan untuk memberi kesan yang baik meskipun dia adalah kakak tingkatmu.

3. Tidak apa-apa jauh dari kampus, asal bawa kendaraan sendiri

Jika kamu tidak menemukan kosan yang dekat dengan kampus dan harganya murah, kamu bisa manfaatkan kosan yang harganya masih wajar meskipun jauh dari kampus. Biasanya, kosan yang letaknya jauh dari kampus akan lebih murah dibanding dengan yang dekat ke kampus. Kamu bisa mengambil opsi ini jika membawa kendaraan sendiri. Kalau tidak ada kendaraan, kamu bisa berjalan kaki jika memang kuat. Jika tidak, kamu bisa menggunakan jasa ojek online kalau tidak keberatan.

Solusi terakhir untuk mendapatkan tempat tinggal dengan harga yang murah ialah dengan cara mengontrak bersama teman. Hal ini sudah saya lakukan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir menjadi mahasiswa. Dengan mengontrak bersama teman, saya dapat menghemat lebih banyak uang ketimbang ngekos karena biayanya dapat dibagi merata dengan penghuni lain. Hal ini dapat kamu lakukan jika kamu tidak berkeberatan untuk tinggal bersama dalam satu rumah.

Leave a Comment