5 Jenis Investasi Property yang Menguntungkan, Mana Pilihan Anda?

Cokro.com – Investasi property adalah sekian dari beberapa bentuk investasi yang banyak menawarkan cuan. Banyak sekali model dari investasi property. Oleh karena itu kita harus mengenal, agar mengetahui mana saja investasi yang cocok dengan kita.

Kesadaran orang di Indonesia tentang besarnya keuntungan berinvestasi di property sebenarnya sudah cukup tinggi. Akan tetapi kebanyakan masih bingung untuk bisa mengenal dan memulai bisnis property sebagai investasinya.

Salah satu yang jadi pertimbangan utama sebelum memulai investasi property, adalah jenis property yang akan dijadikan sebagai bisnis. Tentu kita berharap agar property asset kita akan bisa memberikan keuntungan terbaik dengan kerugian paling minim.  

Terdapat banyak jenis properti yang bisa dipertimbangkan jika ingin memulai investasi properti. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 macam investasi properti yang menguntungkan.

1. Indekos

investasi properti seperti indekos atau kos-kosan merupakan salah satu jenis properti yang menguntungkan. Pasalnya, Anda akan mendapatkan pendapatan pasif setiap bulan atau untung 5-7 persen setiap tahunnya

Untuk jenis properti yang satu ini, sangat cocok diaplikasikan di daerah perkotaan atau lokasi yang sesuai dengan kebutuhan calon penyewa. Misalnya lokasi indekos dekat dengan kampus ataupun kantor. Dengan indekos ini, Anda harus mempertimbangkan harga dan fasilitas yang ditawarkan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memperluas usaha dengan membuka laundry atau warung di dekat indekos.

2. Apartemen

Akibat mahalnya rumah dan terbatasnya lahan menjadikan apartemen masuk ke dalam jenis investasi properti yang menguntungkan. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh semakin meningkatnya minat masyarakat untuk tinggal di apartemen, terutama kaum milenial.

Apartemen juga diminati karena properti ini mendukung gaya hidup yang instan. Walaupun hanya memiliki 1-2 unit apartemen, pendapatan pasif bisa sangat tinggi karena harga sewa unit apartemen lebih mahal dibandingkan dengan indekos. Hal ini disebabkan apartemen tidak hanya menawarkan tempat tinggal, melainkan juga fasilitas pendukung di dalamnya.

3. Tanah

Investasi properti berupa tanah kosong juga dapat menjadi pilihan. Pasalnya, seperti yang diketahui kalau harga tanah akan terus naik setiap tahunnya. Investasi ini juga memberikan berbagai keuntungan seperti minimnya biaya perawatan. Agar mendapatkan keuntungan yang maksimal, upayakan menjualnya untuk jangka panjang.

4. Kontrakan

Jenis properti yang satu ini dapat menghasilkan untung bagi Anda seumur hidup karena setiap bulannya Anda akan mendapatkan pendapatan pasif dari penyewaan bangunan. Tidak jauh berbeda dengan indekos, investasi kontrakan pada umumnya akan mendapatkan keuntungan sebesar 4-6 persen per tahunnya. Untuk jenis properti ini Anda tidak hanya harus mencari lokasi yang strategis, tetapi juga Anda harus selektif memilih penyewa agar tidak merusak fasilitas kontrakan Anda.

5. Ruko, kios atau toko

Investasi ini merupakan jenis investasi properti yang menjanjikan keuntungan, karena ruko dengan lokasi yang strategis harganya cenderung naik setiap tahunnya. Namun, jika Anda salah memilih lokasi maka akan terancam sulit mendapatkan penyewa. Karena pemilihan lokasi merupakan poin penting dalam usaha seperti ini.

Leave a Comment