5 Sikap yang Perlu Kamu Miliki Agar Hidup Tenteram dengan Tetangga Kos-Kosan

Cokro.com – Menempati kos-kosan jelas tidak sama dengan di rumah sendiri. Jika di rumah kita bisa bebas dan leluasa untuk bertindak, namun tidak dengan di kosan. Kalau kamu gak cocok, maka kamu harus angkat koper dan pindah kos yang tentu tidak semudah membalik telapak tangan.

Nah, agar bisa betah di kosan, yang tentunya harus memakai fasilitas bersama, maka kamu perlu memiliki beberapa sikap hidup alias attitude demi kenyamanan bersama. Hmm sika papa saja ya, yuk simak ulasan berikut, yang sudah dirangkum dari beragam sumber:

1. Menjaga kebersihan

Meski biasanya di kosan ada petugas kebersihan, kamu tetap harus menjaga kebersihan, ya. Misal membuang sampah pada tempatnya, gak menumpuk cucian piring di wastafel, dan menggunakan toilet bersama dengan rapi. Karena ini adalah fasilitas bersama, kamu gak boleh egois dan bertindak seperti kamu pemiliknya. Coba deh bayangkan pas kamu mau masak tapi teman kosanmu memakai dapur sampai berantakan dan gak dibersihkan. Pasti kamu bete, kan?

Kalau ada temanmu yang begitu, cobalah tegur dan ingatkan baik-baik, ya. Tapi kalau kamu yang bersikap begitu, sebaiknya cepat perbaiki sebelum teman kosanmu jengkel dan kesal denganmu, ya. 

2. Menjaga ketenteraman

Karena hidup di satu lingkungan, kamar kos-kosan bersampingan sangat dekat. Ini akan memudahkan tetanggamu mendengar dan melihat aktivitas yang kamu lakukan. Sebetulnya kamu boleh saja kok melakukan apa saja. Namun, jangan sampai kamu mengganggu ketenteraman tetangga, ya. Apalagi sampai bikin mereka jengkel sama tingkahmu. 

Misal, kamu berisik hingga larut malam, menyetel lagu terlalu keras atau bertengkar dengan pacarmu sampai satu kosan mendengar. Sebaiknya, jika kamu sering melakukan aktivitas yang berisik seperti main musik dan latihan vokal, kamu bisa izin ke pemilik kos untuk memasang peredam suara, nih. Atau beraktivitas lah sebelum waktu tidur. Intinya, ketenteraman milik bersama, jadi kamu perlu pikirkan juga penghuni lainnya, ya. 

3. Mengembalikan perabotan bersama

Biasanya, beberapa kosan menyediakan banyak perabot untuk dipinjam bersama. Seperti alat pembersih, jemuran, alat memasak dan lain-lain. Selalu ingat kalau ini adalah alat bersama dan kamu gak bisa memakai seenaknya. Pakailah sebutuhnya dan kembalikan jika sudah selesai. Jangan sampai kamu pakai terlalu lama dan jarang mengembalikan, ya. Karena bagaimana pun itu adalah barang yang dibeli bersama dan boleh dipakai sama siapa saja. 

Misal kamu pinjam wajan. Jika sudah selesai memasak, simpanlah laukmu di piring dan segera kembalikan wajannya. Karena siapa tau ada tetanggamu yang sudah kelaparan dan mau masak segera. Kalau kamu ingin pakai dalam waktu lama, lebih baik beli sendiri saja, ya. Agar kamu bisa pakai sesukamu tanpa batasan waktu. 

4. Saling tegur sapa

Hidup bersama mengharuskanmu untuk saling membantu dan bertegur sapa dengan tetangga. Setidaknya berbaik hatilah dengan mereka. Karena jika suatu saat kamu kesulitan, kamu punya teman yang bisa membantumu. Begitu pun sebaliknya.

 Cobalah untuk bertegur sapa saat berpapasan. Meski gak terlalu akrab, gak masalah kok. Setidaknya kamu ramah dan terbuka dengan mereka. 

Namun tiap kos-kosan memang punya budaya yang beragam. Ada yang penghuninya saling kenal, ada juga yang saling cuek. Kalau kamu tinggal di kosan yang penghuninya saling cuek, gakpapa kok.

Apalagi kalau kamu juga tipe orang yang sulit basa-basi. Sesekali sapa mereka juga gak salah kok. Setidaknya mereka tahu kalau kamu adalah tetangganya. Begitu pun dengan pemilik kos. Jadi, jika kamu ada sesuatu masalah, orang gak akan merasa asing denganmu. 

5. Gak membawa terlalu banyak orang

Membawa teman, keluarga atau pasangan ke kosan gak ada salahnya kok. Apalagi kalau pemilik kos mengizinkan. Tapi kamu juga perlu sadar bahwa kosan dihuni oleh banyak orang. Mereka juga butuh istirahat dan waktu tenang.

Jadi, sebisa mungkin jangan terlalu bawa banyak orang ke kosanmu ya. Apalagi sampai satu kelas dan bikin gaduh kosan. Khawatirnya, ada tetanggamu yang sedang sakit atau rehat dan jadi terganggu. Bahkan, kadang tetanggamu juga jadi sungkan untuk berlalu-lalang karena merasa canggung. 

Jika kamu membawa banyak orang di kosanmu, cobalah untuk meminta izin pemilik kos dan penghuni lainnya. Sebisa mungkin jangan membuat gaduh apalagi saat jam tidur.

Jika kosanmu punya ruang tengah, cobalah pakai ruangan itu agar gak terlalu mengganggu ketertiban kamar. Memang terkesan ribet, ya? Ya begitulah jika tinggal di kosan. Karena kalau untuk berkumpul dengan banyak orang, lebih baik di tempat umum agar kamu dan teman-temanmu lebih leluasa, ya. 


Leave a Comment