6 Cara Ampuh Hilangkan Bau Apek di Kamar Kos Mu

Cokro.com – Bagi sebagian orang, menempati kamar kos pertamanya tentu sangat mengasyikan. Kamu akhirnya memiliki tempat pribadimu sendiri untuk beristirahat, belajar bahkan bermain tanpa gangguan anggota keluarga lainnya.

Kamar kos umumnya berukuran kecil dan hanya ditinggali oleh satu orang saja. Pada ruangan kecil, sirkulasi udara seringkali terhambat sehingga bau sering kali mudah mengendap.

Jika kamu tidak membersihkannya secara rutin, bau akan sulit sekali hilang dan membuat udara menjadi pengap dan berbau tak sedap.

Melansir dari berbagai sumber, saat kamu melakukan semua aktifitas di dalam ruangan sempit seperti tidur, belajar, bahkan makan akan ada beberapa bau yang mengendap.

 Untuk itu lakukan beberapa tips berikut agar tak ada lagi bau tak sedap di dalam kamar kosmu.

 Cuci sprei secara rutin

Salah satu penyebab terbesar bau tak sedap di dalam kamar kos adalah sprei yang bau. Kamu akan menghabiskan banyak sekali waktu berada di atas kasur. Menyebabkan kotoran dan keringat menempel dan menyebabkan bau. U

ntuk itu sebaiknya kamu memiliki beberapa cadangan sprei, sehingga kamu dapat dengan leluasa mengganti dan mencucinya.

Gunakan dehumidifier

Jika kamar kos tidak memiliki cukup udara segar dengan jendela yang besar, kemungkinan besar penyebab bau di kamar adalah lembab. Untuk membuat udara kembali segar, kamu bisa menggunakan alat sedot lembab atau dehumidifier.

 Kamu bisa membeli dehumidifier elektronik. Namun ada pula yang tanpa listrik, hanya digantung dibelakang pintu atau diletakkan di sudut ruangan yang tentunya lebih murah.

Pajang tanaman hias

Beberapa jenis tanaman hias memiliki manfaat sebagai penyaring udara. Dengan begitu udara di dalam kamar kos pun akan lebih sehat dan segar. Beberapa tanaman yang bisa kamu tanam di dalam kamar kos adalah peach lily, lidah mertua dan sirih gading.

Gunakan pengharum ruangan

Untuk membuat udara lebih segar dan harum, kamu bisa menambahkan pengharum ruangan di dalam kamar kos. Jika kosan memperbolehkan, kamu bisa menggunakan lilin aromaterapi.

 Namun jika kosan tidak memperbolehkan penggunaan lilin, kamu bisa menggunakan diffuser elektronik atau pengharum ruangan gantung.

Jangan menyimpan sampah makanan di dalam ruangan

Aroma sampah makanan yang membusuk akan sangat mengganggu. Apalagi di ruangan yang sempit bau akan sulit sekali hilang. Setelah makan, sebaiknya buang sampah basah ke tong sampah di luar ruangan kamar.

Bersihkan dan jangan sampai membiarkan sampah-sampah makanan menginap semalaman di kamar tidurmu. Baca juga: Simak, Cara Cepat Menghilangkan Bau Tempat Sampah Rutin membersihkan kamar Buat lah jadwal bersih-bersih kamar secara menyeluruh seminggu sekali. Pada saat itu kamu bisa mengganti seprai, mengelap debu di rak buku, dan memastikan tidak ada hal-hal yang bisa menyebabkan bau.

 Sebaiknya rapikan juga isi lemari bajumu, hindari memasukkan pakaian yang masih setengah kering ke dalam lemari karena dapat membuat pakaian berbau apek.


Leave a Comment