6 Tips Pilih Tempat Indekos Ideal yang Bisa Bikin Kamu Nyaman

Indekos jadi hal yang sangat penting bagi sebagian orang, khususnya mahasiswa perantau dan pekerja. Berhasil mendapatkan kos kosan yang cocok, bakal bisa mempengaruhi performa kerja dan juga kehidupan sehari – hari mu lho.

Hanya saja, untuk mendapatkan indekos yang ideal tersebut bukan hal yang mudah. Nah, dikutip dari tempo.co, berikut ada tips nih, khususnya buat kalian yang baru mulai cari kos kosan untuk mendapatkan indekos yang ideal dan bikin nyaman. Hmm kayak apa ya, ini dia tips nya:

1.Pahami budget mu

Menentukan modal alias duit buat ngekos yang sesuai kemampuan kantong, atau kiriman orang tua, jadi syarat utama, untuk menemukan indekos yang ideal. Kamu harus menentukan di awal, berapa budget yang ideal dan disesuaikan dengan kebutuhan bulanan mu, sebelum mulai mencari kos kosan. Hal ini untuk mempersempit target rumah kos tujuan mu.

2.Memillih lokasi kos yang cocok

Lokasi adalah hal selanjutnya yang harus kamu pertimbangkan masak – masak. Jika memang kamu ada kendaraan pribadi, maka bolehlah memilih indekos yang agak jauh dari kampus atau tempat kerja. Karena jarak yang jauh dengan pusat keramaian seperti kampus, biasanya juga akan mempengaruhi harga sewa kamar kos, bisa semakin murah.

Namun jika mau belum ada kendaraan sendiri, solusi yang terbaik adalah mencari lokasi kos yang terdekat dengan kampus atau tempat kerjaan.

3.Melihat lingkungan sekitar kos

Seusai kamu sudah bisa menentukan lokasi kos, maka akan penting dilakukan juga untuk bisa mengecek kondisi lingkungan sekitar. Apakah banyak warung makan atau tidak, mini market, fasilitas kesehatan, dan lain sebagainya.

4.Menanyakan apa saja fasilitas indekos

Fasilitas yang memadai untuk kegiatan mu, adalah kunci untuk memastikan apakah kos kosan tersebut cocok dan nyaman atau tidak. Karena memang kebutuhan setiap individu itu relatif maka bisa berbeda – beda apa yang kalian perlukan di kosan.

Kamu bisa menanyakan kepada pemilik kos, apa saja fasilitas yang tersedia. Seperti WiFi, laundry, air minum, dapur, kamar mandi dalam, dan lain sebagainya. Biasanya semakin lengkap, harga kamar nya akan makin mahal juga.

5.Cek teman sekosan

Setidaknya, rumah kos itu dibagi menjadi tiga kategori. Kos wanita, kos laki – laki atau campur (keluarga). Kamu harus mempertimbangkan betul. Sisi positif dan negatif berbagai kategori ini, sebelum mengambil keputusan.

6.Penjaga dan pengurus kos kosan

Adanya bapak/ ibu kos memang menjadi bagian penting. Karena selain sebagai administrator dan regulator, mereka juga bisa membantu mu dikala ada kesulitan. Kos yang ada penjaga nya, biasanya juga lebih terjamin keamanan dan kebersihannya.

Leave a Comment