8 Tips Bersihkan Kamar Kos, yang Mudah dan Praktis

Cokro.com – Teruntuk kamu anak kos, membersihkan dan merapikan kamar bisa jadi pekerjaan yang bikin malas. Dengan padatnya kesibukan anak kos, akhirnya mereka seringkali menghabiskan akhir pekan untuk bersantai.

Karena itu, diperlukan metode yang lebih efektif dan kreatif agar bisa membersihkan kamar kos dengan baik, tanpa membuang waktu. Kalian juga bisa sambil mendengarkan musik, ketika membersihkan kamar kos, sehingga lebih santai.

Ohya, bagi kamu yang membersihkan kamar kos, dengan menggunakan lap atau spons, ada baiknya juga selalu dibilas. Khususnya jika menggunakan lap yang sama tanpa membersihkannya, maka sudah pasti bakteri dan kuman, justru semakin menyebar ke area kamar yang lain.

Nah, berikut adalah tips membersihkan kamar kos, seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Rapikan tempat tidur
Tempat tidur yang rapi jelas membuat perbedaan besar dalam penampilan kamar. Di ruang sempit, tempat tidur adalah titik fokus ruangan dan dapat berfungsi sebagai sofa dan ruang belajar. Pastikan tempat tidur tetap rapi dengan membersihkannya setiap hari.

2. Susun dokumen

Meski di era digital, ada banyak tugas kuliah yang menggunakan kertas. Anda bisa mengarsipkan dokumen penting di folder, jangan biarkan berserakan di kamar. 

3. Mencuci piring

Jangan menumpuk piring kotor. Selain menimbulkan bau tak sedap, menumpuk piring kotor hanya memberatkan tugas bersih-bersih.
 
Cuci piring setelah makan, dan simpan semua  perlengkapan pembersih Anda di satu tempat agar rapi.

4. Bersihkan debu
 
Membersihkan debu mungkin pekerjaan paling menantang saat membersihkan kamar kos. Meski dibersihkan setiap hari, namun debu terus muncul di kamar.
 
Bersihkan debu di setiap sudut kamar, seperti komputer, speaker, dan televisi. Bersihkan juga langit-langit dan dinding untuk menghilangkan sarang laba-laba. 
Jangan lupa untuk membersihkan ventilasi udara, dan bagian atas kusen pintu.

5. Sapu dan pel

Untuk kamar berkarpet, penting untuk menyapu dan mengepel kamar secara teratur. Anda juga perlu mengibaskan karpet dan menjemurnya untuk menghilangkan bau.

6. Bersihkan meja 

Meja adalah alat paling berharga bagi anak kos. Meja di kamar kos biasanya memiliki fungsi yang banyak, tak hanya tempat belajar, tapi juga makan.
 
Untuk itu, meja perlu dibersihkan setiap hari, dan jangan lupa untuk membuang barang-barang yang tak perlu.

7. Bersihkan kamar mandi


Jika Anda memiliki kamar mandi di kamar, jangan lupa untuk membersihkannya secara teratur.
Membersihkan kamar mandi bisa menghabiskan waktu 15 menit. Jangan lupa untuk membersihkan toilet dan wastafel secara menyeluruh.

8. Buang sampah 

Buanglah sampah secara teratur. Menumpuk sampah bisa berbahaya bagi kesehatan. Jangan lupa untuk menyemprotkan pengharum ruangan.

Leave a Comment