Anak Kos Wajib Catat! Ini 5 Peralatan Elektronik yang Bikin Boros Token Listrik

Cokro.com  – Tidak ayal sejumlah kos-kosan memakai token listri per kamar. Hal tersebut ditempuh, guna pemilik usaha kos tidak menanggung pemakaian listrik anak kos.

Namun sebenarnya, memakai token listrik, justru berpotensi menimbulkan problem bagi penghuni kos, khususnya di masa pandemi seperti sekarang. Karena kebanyakan pekerja dan mahasiswa justru lebih banyak menghabiskan waktu kegiatannya di kos-kosan.

Hal inilah yang membuat tidak jarang token listrik cepat berbunyi, akibat tingginya penggunaan. Demi bisa menghemat pemakaian listrik, sebaiknya kamu juga perlu tahu jenis peralatan elektronik apa saja yang paling boros memakan daya listrik.

Selain itu, kamu juga wajib nih untuk mematikan dan mencabut seluruh peralatan listrik, ketika sudah tidak lagi digunakan, demi bisa menghemat energi dan tentu saja menekan biaya listrik.

Inilah daftar sejumlah peralatan elektronik yang banyak menghabiskan daya listrik:

1. Rice cooker
 
Alat penanak nasi ini menjadi penyelamat anak kos. Tak hanya digunakan untuk memasak nasi, tapi juga makanan lain seperti mie instan, memasak tumisan hingga membuat kue.
 
Ketika memasak nasi daya yang diserap rice cooker adalah 395 watt, tapi jika memanaskan hanya 77 watt. Meski saat memanaskan dayanya kecil, namun jika dinyalakan setiap hari tetap saja boros.

2. Setrika

Kegiatan menyetrika pakaian mungkin tak dilakukan setiap hari, namun bisa dilakukan berjam-jam. Setrika setidaknya memerlukan daya 300 watt.
 
Untuk menghemat penggunaan setrika sebaikanya gunakan setrika otomatis yang langsung mati ketika suhu terlalu tinggi. Cara lainnya dengan tidak menumpuk pakaian untuk setrika. 

3. TV
 
TV merupakan alat eletronik yang mungkin sering Anda gunakan selama di kamar kos terutama di masa pandemi seperti ini. Daya listrik TV biasanya kurang lebih 120 watt.
 
Jika Anda menggunakan TV seharian, maka Anda bisa menghitung berapa kWh yang Anda gunakan.

4. Dispenser

Dispenser adalah alat elektronik yang umum dan pasti ada di setiap kamar kos. Daya listrik dispenser ini mulai dari 80 watt hingga 400 watt. 
 
Untuk menghemat token listrik sebaiknya matikan dispenser jika pergi dari rumah. Gunakan saat Anda membutuhkan air panas atau dingin.
 
Meski pemerintah memberikan stimulus dengan memberi diskon tagihan listrik, namun beberapa orang masih kesulitan mendapatkannya. Maka dari itu, menghemat penggunaan listrik adalah cara yang tepat saat ini.

5. Komputer
 
Meski saat ini banyak yang menggunakan laptop, namun penggunaan komputer di kosan juga masih banyak. Selain lebih praktis, ternyata daya yang dibutuhkan untuk menge-charge laptop lebih sedikit dari perangkat komputer.

Leave a Comment