Aturan yang Perlu Dipahami Pengusaha Kos Agar Tidak Merugi

Cokro.com – Tidak hanya soal keuntungan materi, kesuksesan bisnis indekos juga ditentukan dari personal – personal yang terlibat dalam bisnis ini, utamanya adalah para penghuni kos.

Kadangkala, memang ada saja anak kos yang bandel dan seolah menganggap remeh aturan yang sudah dibuat di rumah kos.

Namun, jangan sampai hal – hal semacam ini terjadi karena ada aturan yang tidak jelas tersampaikan kepada para anak kos di awal ketika mereka mau menghuni indekosnya.

Agar tidak timbul masalah dan anda merasakan kerugian dari investasi bisnis indekos, maka perlu sekali anda membuat peraturan kos yang tegas. Berikyt adalah beberapa poin yang perlu anda perhatikan dalam tata tertib

1 Pembayaran Sewa Kos

Tata tertib kostan yang pertama menyangkut masalah pembayaran. Pembayaran sewa kost sangat krusial. Pasalnya, jika pembayaran sewa kost lancar, pemasukan Anda pun tak akan ada kendala.

Hal yang perlu diatur adalah tanggal jatuh tempo dan cara pembayarannya. Anda perlu menentukan tanggal jatuh tempo pembayaran sewa. Apakah per awal bulan atau per tanggal masuk sang penghuni.

Sedangkan cara pembayaran, Anda perlu memberikan informasi mengenai tarif sewa kost dan cara pembayaran sewa kos apakah lewat transfer bank atau cash.

Bila diperlukan, Anda juga bisa memberikan informasi mengenai uang deposit dan denda keterlambatan.

2 Ketentuan Administratif

Nah, tata tertib kostan selanjutnya berhubungan dengan administrasi yang biasanya dilakukan saat calon penghuni kost pertama kali datang.

Penyewa kost perlu menyerahkan fotokopi KTP. Apalagi jika jenis kostan yang Anda usung adalah kostan pasutri. Untuk hal ini, Anda pun memerlukan fotokopi buku nikah.

Penyewa kost pun wajib mengisi data pribadi seperti nama lengkap, nomor telepon, serta nomor telepon dan alamat rumah orangtua/wali.

Jika ada keadaan darurat, pemilik kost bisa langsung menghubungi orangtua/wali sang penyewa kost.

3 Jam Malam

Ada beberapa tempat kost yang menerapkan aturan jam malam. Pada jam-jam tertentu, pintu gerbang dan pintu utama akan dikunci. Hal ini demi memberikan kenyamanan pada penyewa kost lainnya.

Namun, seringkali aturan jam malam ini tidak disukai para penghuni kost. Mereka lebih memilih untuk mendapatkan kunci sendiri sehingga bisa pulang ke tempat kost tanpa khawatir tidak bisa masuk.

Karena itu, tentukan apakah Anda ingin memberlakukan aturan malam atau tidak. Pertimbangkan pula kenyamanan penjaga dan penghuni kost.

4 Menerima Tamu

Aturan menerima tamu memang sangat dipertimbangkan bagi kita yang hidup di lingkungan budaya timur.

Ada beberapa hal yang perlu dicantumkan dalam aturan menerima tamu. Salah satu peraturan yang paling sering diterapkan adalah lawan jenis yang dilarang masuk kamar.

Hidup di tempat berbudaya timur seperti di Indonesia memang perlu pengawasan tentang masalah lawan jenis yang masuk kamar ini.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik Anda menerapkan aturan ini.

Karena, jika sampai terjadi tidak asusila, Anda sebagai pemilik kostan bisa terbawa masalah.

Leave a Comment