Bagikan Tips Belanja Mingguan Cuma Rp 70 ribu, Anak Kos Ini Bikin Heboh Netizen

Cokro.com – Skill dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran, jadi ilmu wajib bagi kamu yang anak kos, supaya bisa hidup hemat dan tidak kekurangan di tiap bulannya. Seperti halnya yang dilakoni seorang perempuan yang juga anak kos, dengan membagikan pengalaman pribadi nya dalam berbelanja hemat untuk sepekan. Bayangkan, dalam seminggu, ia hanya menghabiskan biaya belanja untuk makan sebesar Rp 70 ribu.

Dilansir dari Detik.com, Netizen pengguna akun Tiktok @wawsabi membagikan pengalamannya berbelanja sebagai anak kos. Wanita yang akrab disapa Asa ini merekam barang belanjaannya yang terdiri dari sayuran dan lauk pauk. Belanjaan ini akan dijadikan menu makannya selama seminggu.

“Belanja untuk satu minggu total Rp 73 ribu,” kata Asa.

Di sini ia memperlihatkan daftar belanjaannya mulai dari pokcoy, jagung muda, sawi putih, tahu, buncis, tomat hingga udang. Semua juga dilengkapi harga. Aneka sayuran dibeli dengan harga masing-masing Rp 2.000. Untuk belanjaan yang paling mahal ada udang dengan harga Rp 13.900 untuk 150 gram.

Tak hanya itu, ada juga bahan makanan lain yang dibeli Asa seperti ayam, roti tawar, mangga, buah naga hingga bumbu seperti bawang bombai dan jeruk nipis.

“Kalau ada uang belanja sisa, biasanya dipakai untuk beli bahan makanan lain atau bisa disimpan juga,” lanjut Asa.

Semua belanjaan ini akan dimasak sendiri oleh Asa, menunya pun berganti setiap hari. Meskipun masakannya sederhana tetapi cara ini terbukti ampuh menjadi trik berhemat ala anak kos sekaligus menjamin makanan enak dan sesuai selera.

Video yang dibagikan (15/11) ini pun menarik perhatian banyak netizen yang juga anak kos. Hingga saat ini video sudah disaksikan lebih dari 1,9 juta kali dan memancing ribuan komentar netizen.

“Sumpah sih belanja di tukang sayur sama pasar itu murah bgt gais drpd belanja di sayurbox dll plis bgt jgn sampe tukang sayur keliling tergantikan plis,” ujar satu netizen.

Banyak juga yang bertanya soal pilihan menu masakan hingga tips menyimpan bahan makanan.

Ini Tips Belanja ala Anak Kos, Seminggu Hanya Rp 70 Ribu Foto: TikTok @wawsabi
“Kak spill resep2nya kalo masak tiap hari doong, aku jg anak kos bingung masak apa,” kata netizen.

“Kak boleh bikin resep makanan yg bisa dimasak malem untuk mkn besok siangnya? kebetulan aku brkt kerja pagi bgt kdg gakeburu buat masak. makasi,” tanya netizen lainnya.

Ketika dikonfirmasi DetikFood (24/12) Asa yang berdomisili di Denpasar, Bali ini mengatakan cara ini bisa menghemat pengeluarannya. Ia juga dengan senang hati berbagi tips dan trik belanja serta masak ala anak kos yang murah dan mudah.

“Biasanya kalau simpan dikulkas, cuci dulu sayuran dan bahannya terus tirisin biar gak lembab di wadahnya. Jangan lupa dicek 2 hari sekali buat lap embun2 di wadahnya biar gak lembab,” kata Asa.

Untuk pilihan sayuran, Asa mengatakan sengaja memilih beberapa jenis sayuran yang teksturnya keras agar bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Ia biasanya belanja mingguan untuk stok makanan di kos-nya


Leave a Comment