Dampak Negatif Ngekos yang Perlu Kamu Hindari

Cokro.com – Tinggal di kos-kosan bisa jadi tidak akan bisa kamu hindari, khususnya bagi kalian yang memang harus tinggal jauh dari kampung halaman untuk bekerja ataupun menimba ilmu.

 Tinggal di kos-kosan sendiri punya pengaruh positif dalam kehidupan, seperti lebih mandiri, juga mengasah kemampuan dalam mengatur keuangan dan juga gaya hidup.

Namun ada juga dampak negatif ngekos yang musti kamu harus antisipasi agar kamu selama hidup mandiri bisa mendapatkan efek positif. Hm apa saja ya dampak negatif tersebut? Yuk kita simak bersama berikut ini:

1.Kehidupan serba tidak teratur

Kalau di rumah sendiri, tentu kamu ada yang mengingatkan kalau tidur terlalu malam, tidak mandi, juga telat makan. Namun kalau di kosan, kamu harus ingat semua hal kecil itu sendiri, bukan hanya mengingat – ingat melainkan juga mengusahakan. Karenannya, tinggal di kosan sangat berpotensi bikin hidup tidak teratur.

2.Mudah sakit

Poin ini sangat berhubungan dengan hal pertama, soal hidup tidak teratur. Karena dengan pola hidup yang sembarangan, bisa dijamin penyakit akan mudah hinggap. Mulai dari masuk angin, flu, maag hingga tipes.  Sakit juga sering dialami anak kos, akibat kurang memperhatikan gizi dan kebersihan makanan yang mereka konsumsi sehari – hari.

3.Problematika berat badan

Dengan makan yang sembarangan dan tidak teratur, hampir pasti akan menimbulkan masalah berat badan, baik kamu jadi kegemukan (obesitas) atau juga justru makin kurus dan berat badan mu tidak kunjung naik ke angka ideal. Selain itu kekurangan asupan gizi dan makan juga bikin badan mu loyo, tentu saja, ini bakal berpengaruh ke aktifitas harian mu.

4. Privacy yang minim

Kamu pasti membayangkan, dengan ngekos kamu justru punya tempat tinggal sendiri dan mendapat banyak privacy. Namun kenyataan di lapangan bisa berbeda lho. Kamu bakal punya tetangga kamar kos, yang bisa jadi kepoin kamar mu. Kalau kamu ngampus, bisa jadi temen – temen kampus nongkrong di kosan mu, hingga jadi kayak basecamp. Untuk itu, kamu perlu punya aturan yang tegas, soal siapa – siapa yang boleh masuk kamar kos, hingga bisa menciptakan ketenangan yang kamu inginkan.

5.Boros

Hal ini biasanya terjadi pada anak kos pemula. Kebebasan menggunakan uang yang dikirim bulanan oleh orang tua, terkadang membuat kita kalap. Semua ingin dibeli, semua ingin dicoba, apalagi kalau pas awal bulan. Akhirnya jelang akhir bulan bokek, mie instan pun jadi andalan. Nah agar hal ini tidak terjadi, sejak awal ngekos, kamu sudah harus bisa membuat perencanaan keuangan bulanan yang ketat. Dengan keuangan yang baik, bahkan kamu masih bisa nabung lho.

Leave a Comment