Harga Sewa Kos-Kosan Level Menengah Terpengaruh Kenaikan Harga BBM

Cokro.com – Naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) ternyata berdampak pada harga sewa kamar kos. Dilansir dari CNBC Indonesia, sejumlah pengusaha indekos menyampaikan bahwa saat ini mereka memilih menaikkan harga sewa sebesar 10%, khususnya pada kosan level menengah.

“Kos-kosan menengah dari range harga Rp 1,5-2,5 juta, karena untuk kos-kosan mewah yang sewanya Rp 5 juta itu persentase 10% pengalinya cukup besar,” kata Ketua Asosiasi Rumah Kost Indonesia Florencia Irene.

Hanya saja Florencia juga memberikan kebebasan kepada anggotanya untuk menaikkan atau tidak harga sewa kamar kos mereka masing – masing. ARKI pun tidak mengeluarkan himbauan resmi kepada anggota untuk bisa menaikkan harga sewa kamar kos. Jika pun harus naik, ia meminta harganya masih di angka wajar.

“Karena di zaman sekarang ini, pastilah sulit bersaing apabila harga dan fasilitas kita tidak kompetitif dengan lawan kita,” ujar Florencia.

Walaupun ditambahkan Florencia, bahwa sebenarnya bisnis kos sudah mulai terdampak kenaikan harga operasional per 1 Juli 2022. Yaitu, sejak adanya kenaikan tarif listrik. Banyak hal yang terdampak, mulai dari pompa air, router modem, kulkas, lampu, AC dan banyak hal lain yang menjadi bagian operasional sebuah rumah kos.

“Dan margin pengusaha kost sudah berkurang sejak Juli. Dengan kenaikan BBM ini, tentunya iuran sampah, keamanan lingkungan, RT setempat juga akan naik dan semakin membebani pemilik kos-kosan,” lanjut Florencia.

Kenaikan harga BBM, katanya, berimbas ke kenaikan biaya transportasi.

Akibatnya, harga barang-barang juga akan naik karena beban biaya transportasi dan manufaktur barang-barang tersebut, termasuk pada harga peralatan kebersihan kost seperti detergen, karbol, pembersih lantai, kaca. Tidak ketinggalan juga peralatan IT kos-kosan seperti kabel, instalasi CCTV, internet, serta router.

“Dan juga termasuk pengadaan, maintenance dan pembaharuan interior kost seperti AC dan instalasinya, tempat tidur, lemari. Sehingga otomatis, margin kost juga akan semakin berkurang lagi. Sehingga dengan berat hati, sewa kost juga akan ikut naik apabila kenaikan BBM ini dibarengi semua kenaikan Cost Cost of Goods Sold tersebut,” pungkas Florencia.

Leave a Comment