Informasi Harga Indekos di Dekat Unair, Ternyata Mulai Rp 300 Ribuan!

Selamat ya buat yang sudah dapat tempat kuliah, termasuk yang sudah diterima di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Bagi kamu yang dari luar Kota Pahlawan tentu membutuhkan nih, informasi harga kamar kos yang ada di dekat Unair.

Dilansir dari berbagai sumber, harga indekos yang ada di sekitaran Kampus Unair harganya sangat variatif. Mulai dari ratusan ribu, hingga jutaan rupiah lho. Harga kos-kosan ini sesuai dengan lokasi dan fasilitas yang ditawarkan.

Ada kos di dekat Unair yang harganya di kisaran ratusan ribu rupiah. Jika harga mulai ratusan ribu, maka fasilitasnya terbilang standar, seperti kasur, lemari, kamar mandi bersama. Namun jika di atas Rp 1 juta, fasilitasnya sudah lengkap, dan bikin kamu nyaman. Seperti pendingin ruangan, WiFi, kamar mandi dalam, dapur, hingga pembersihan kamar serta penggantian sprei berkala dari pengelola indekos yang ada di dekat Unair ini.

Seperti dilansir dari Detik.com, salah satu mahasiswa semester 8 Unair, Ai’nur Hanif Mufida menyatakan, bahwa dia mendapatkan kos dengan harga murah di dekat Unair, yaitu Rp 300 ribu per bulan, namun fasilitas nya tergolong minimalis. Hanya saja dari kampus lokasi nya terbilang sangat dekat.

Hanya saja selama pandemic nyaris dua tahun terakhir, Ai’nur sudah tidak lagi menggunakan kamar kosnya, dia memilih pulang kampung, karena perkuliahan dilakukan secara online.

“Saya dulu kos di Karangmenjangan 1 selama kuliah dari semester 1-6. Terus semester 6 pertengahan udah gak kos, karena pandemi. Saya gak pernah ganti kosan, ya di situ terus ,” kata Ai’nur.

Ditambahkan Ai’nur bahwa di sekitar Unair A dan B ada banyak sekali kos-kosan dengan harga murah hingga mahal. Mulai termurah seperti yang dia tinggali Rp 300 ribu, dengan lokasi di sekitaran Karangmenjangan, hingga harga mahal d atas Rp 2 juta, dengan fasilitas VIP.

Rumah kos di dekat Unair yang paling banyak memang ada di wilauah Guberng Kertajaya, Dharmawangsa, Karangamenjangan, hingga Jojoran. Demi bisa lebih mengikat pinggang, para mahasiswa biasanya memilih satu kamar kos digunakan untuk dua oang.

Salah satu rekan Unair Ai’nur, Novita, mengatakan bahwa harga kamar kos di daerah dekat Unair memang sangat variatif. Mulai dari Rp 350 ribu sekamar berdua hingga Rp 2 juta, sangat tergantung dari fasilitas dan kedekatan lokasi dengan kampus.

“Kalau saya ngekos di Jalan Dharmawangsa 7. Setahu aku, kalau kosan yang mahal itu sekitaran kampus A, kalau yang sedang ga terlalu mahal atau murah sekitaran kampus B, kalau yang murah di kampus C. Harga termurah yang mulai sekamar berdua setau aku Rp 350 ribu. Pernah sepengalaman aku dan temenku dapat Rp 1,8-2 juta, tergantung fasilitasnya. Kalau di tempat aku kurang lebih Rp 650 ribu sama Wifi,” kata dia.

Bagi mahasiswa Unair yang tidak memiliki kendaraan, jangan khawatir. Sebab ada fasilitas Bus Flash di halte Bus Flash di area kampus yang beroperasi di Unair A, B, dan C. Selain menjadi pilihan alternatif, bagi yang tidak memiliki kendaraan, hadirnya bus flash juga menjadi cara untuk menghemat uang bensin dan pilihan yang aman di jalanan.

Leave a Comment