Jangan Asal Murah! Namun Hal – Hal Ini Juga Wajb Kamu Perhatikan Ketika Cari Kos-Kosan

Cokro.com – Buat mahasiswa baru, rasanya kamu tahun ini sudah harus siap – siap buat cari kamar kos ya, kuhususnya yang dapat kampus di luar kota.

Biasanya pertimbangan utama dalam mencari kos adalah harga. Kos dengan harga yang murah, relatif akan lebih sering dipilih. Karena dengan harga murah, mahasiswa biasanya akan bisa lebih berhemat. Namun sejatinya untuk bisa tinggal di kos, bukan sekedar harga murah lho  yang harus kamu berikan perhatian.

Nah, buat kamu yang baru pertama kali ngekos, Cokro.com punya nih beberapa tips agar kamu bisa dapat tempat kos yang nyaman dan tidak sekedar murah saja.

Berikut tips nya, seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Akses dari atau menuju kos

Perhatikan akses dari kos menuju kampus atau kantor dan sebaliknya. Jika aksesnya saja sulit, misalnya kos kamu lokasinya jauh dari jalan besar, sehingga perlu naik ojek karena tidak ada angkutan umum. Tidak bisa jalan kaki pula.

Hal ini bisa bikin boros biaya transportasi setiap bulan. Sebaiknya jika mencari kos, usahakan yang dekat dengan kampus atau kantor. Jadi tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi. Cukup berjalan kaki saja, bisa lebih hemat.

Kamu dapat menanyakan soal akses ini langsung ke pemilik kos atau teman yang merekomendasikan kos tersebut agar lebih jelas.

2. Fasilitas yang memadai

Setiap kos pasti punya fasilitas dasar, seperti kamar tidur dan kamar mandi. Kamar mandi ini bisa di dalam maupun di luar.

Ada yang setiap kamar tersedia kamar mandi, ada juga kamar mandi bersama. Jadi dipakai bergantian dengan penghuni kos lain.

Ini biasanya tergantung harga kos. Semakin mahal harga sewa kos, makin lengkap pula fasilitas yang didapat. Antara lain, AC, cuci gosok alias laundry, wifi gratis, listrik dan air, dapur bersama, dan lainnya.

Nah, selain menanyakan harga sewa kos. Saat mencari kos-kosan, kamu juga perlu mencari tahu fasilitas apa saja yang akan kamu peroleh sesuai harganya. Pastikan sesuai dengan kebutuhanmu, jangan hanya memikirkan gengsi semata.

3. Keamanan dan kebersihan lingkungan kos

Bagaimana keadaan lingkungan di sekitar kos yang akan kamu tempati? Apakah aman atau sering terjadi kasus pencurian? Kamu harus mempertimbangkan masalah keamanan ini, apalagi kalau kos jauh dari rumah pemilik kos. Pastikan ada CCTV yang mengawasi.

Bila kos tidak aman, kamu pun akan kurang nyaman menempatinya. Selalu diliputi rasa was-was setiap kali meninggalkan kos untuk bekerja atau kuliah. Khawatir dibobol maling.

Selain itu, perhatikan juga kebersihannya. Apakah ada petugas kebersihan yang di kos yang setiap hari menyapu, mengepel, dan membuang sampah di lingkungan kos? Kalau lingkungan kos kotor, maka akan berdampak pada kesehatanmu.

Leave a Comment