Kiat Agar Mahasiwa Baru Betah di Kosan

Cokro.com – Berbicara ngekos apa yang ada di benakmu? Mungkin kamu berpikiran kalau ngekos identik dengan kebebasan. Terbayang di pikiranmu, bahwa ngekos bebas dari orangtua, mau melakukan suatu hal bebas tanpa ada yang melarang-larang. Termasuk bersih-bersih, menyapu halaman, menjemur pakaian dan lain-lain, tidak ada yang menyuruhmu.

Padahal ngekos tidak juga seenak itu. Hidup sebagai anak kos apalagi pemula cukup berat. Ketika datang di tanah rantauan harus ada adaptasi terlebih dahulu, supaya hari-harimu berjalan lancar. Adaptasi dilakukan supaya kamu tidak kaget dengan keadaan.

Lalu, apa saja adaptasi yang harus dilakukan untuk kamu mahasiswa baru?

1. Pilih Tempat Nyaman

Kenyamanan adalah nomor satu. Jika kamu sudah memilih tempat yang nyaman, hari-harimu akan diliputi rasa senang, sebab tidak ada masalah lagi mengenai tempat. Dalam memilih kamu bisa meminta rekomendasi seseorang yang punya pengalaman ngekos. Saran, pilihlah tempat kos yang dekat dengan kampus dan fasilitas umum, sebab itu berpengaruh terhadap finansialmu nantinya.

2. Belajar Mandiri

Mandiri juga tidak kalah penting bagi kehidupan anak kos, apalagi bagi kamu yang masih mahasiswa baru. Pada awalnya mungkin akan terasa berat, sebab kamu melakukan apa-apa seorang diri. Namun, kamu tidak perlu susah, sebab fase tersebut mengajarkan kamu untuk hidup mandiri. Agar tidak terasa berat, jangan menumpuk pekerjaan. Percayalah, kamu akan berkembang ke arah yang positif dengan hidup mandiri.

https://geo.dailymotion.com/player/x4ujk.html?video=x7zpyig&customConfig%5bcustomParams%5d=custom&actionInfo=false&mute=true&dmPubtool=customembed-v2&GK_PV5_PHOTON=1 3. Berpikir Prioritas

Selain mandiri, kamu juga harus mulai berpikir rasional dalam rangka memprioritaskan sesuatu. Ketika kamu ngekos, mau tidak mau kamu akan bersinggungan dengan manajemen keuangan. Kamu harus mementingkan terlebih dahulu hal-hal yang menjadi prioritas, supaya keuangan stabil.

4. Berbaur dengan Teman Kosmu

Berbaur dengan teman kos merupakan salah satu bagian dari adaptasi, sebab hari-harimu juga bakal bertemu dengan mereka. Kamu harus mencoba bersikap ramah dan menyapa terlebih dahulu. Mengapa kamu melakukan itu? Ingat, teman kos merupakan salah satu teman kosmu yang paling dekat di tanah perantauan.

5. Mengenali Tempat

Selain harus berbaur dengan teman kosmu, kamu juga wajib mengenali tempat di sekitar kosmu. Seperti laundry, tempat ngopi, tempat makan, tempat beribadah, dan tempat lain-lain. Tempat laundry misalnya, kamu sudah mengetahui beberapa tempat, kamu akan lebih mudah dalam me-manage keuanganmu. Kamu bisa cari yang paling murah.

Itulah 5 tips adaptasi yang bisa kamu lakukan ketika memulai kehidupan baru di tanah perantauan. Kamu mau tidak mau harus mandiri, membaur serta bersikap ramah dengan penghuni sekitar. Sebab hal tersebut bisa mengurangi kejenuhanmu berada di kos-an.

Sumber: yoursay

Leave a Comment