Kiat Anak Kos Agar Bijak Dalam Mengelola Keuangan

Cokro.com – Saat keluar dari kampung halaman demi pendidikan atau pekerjaan impian dengan merantau ke luar kota, serta menyandang status anak kos. Biasanya manajemen keuangan akan jadi tantangan tersendiri, karena menjadi masalah mendasar.

Kok begitu?

Karena, uang yang biasanya ditransfer oleh orang tua untuk kurun waktu satu bulan. Sehingga, khususnya buat kamu yang mahasiswa, jika tidak bijak – bijak mengatur keuangan, maka akan membuat akhir bulan mu menjadi kelam dan suram.

Sama juga dengan ketika kamu yang anak kos pekerja. Ketika kamu menerima gaji yang diterima satu kali dalam satu bulan, maka kamu harus mengaturnya dengan bijak, agar tidak habis di tengah jalan.

Karena, jika uang habis sebelum kamu dapat uang lagi, mau tidak mau anak kos akan kelabakan untuk mencari pinjaman, karena jika tidak kita akan kelaparan. Tentu saja, untuk minta ke orang tua jelas malu, apalagi buat kamu yang sudah bekerja.

Ketika uang habis dan belum dapat uang lagi, anak kost biasanya menahan lapar karena malu jika harus meminta uang lagi ke orang tua.

Ketika menerima uang bulanan atau gaji, catat keperluan untuk satu bulan penuh, kewajiban, dan kebutuhan wajib yang harus dipenuhi untuk bulan tersebut.

Kemudian sisihkan uang untuk kebutuhan wajib tersebut agar tidak bisa diganggu gugat dengan pengeluaran lain yang tidak masuk dalam daftar prioritas.

Catatan ini menjadi pedoman untuk bulan-bulan selanjutnya mengenai apa saja yang harus dibayar dan berapa besarannya.

Cara ini bisa membuat anak kost mampu untuk menyisihkan uang sampai akhir bulan, bahkan menyisakan untuk menabung.

Masak

Jajan di luar atau membeli makanan dari luar memang sangat simple dan mudah dilakukan, tetapi alangkah lebih baiknya untuk membuat jadwal memasak.

Boleh saja makan makanan beli dari luar, tetapi masak akan membuat kamu jauh lebih hemat.

Di sisi lain, memasak sendiri juga membuatmu tahu kualitas makanan yang masuk ke dalam tubuhmu sehingga kamu pun cendeurng lebih sehat daripada jajan setiap hari.

Jangan malu menolak

Salah satu tantangan terbesar dalam keuangan anak kost adalah ajakan nongkrong atau beli kopi oleh rekan kantor atau teman sekolah.

Jangan malu adalah kunci.

Gengsi hanya akan membuat keuanganmu tidak beres dan terbuang-buang untuk hal yang sebenarnya tidak penting yang akan kamu sesali di akhir bulan.

Tak ada salahnya untuk menolak ajakan jajan atau nongkrong.

Leave a Comment