Kiat Anak Kos Agar Bisa Berhemat Hingga Akhir Bulan

Cokro.com – Menjadi anak kos memang harus pandai untuk mengatur keuangan. Sehingga kita tidak sampai boros dan membuat uang bulanan tidak cukup. Apalagi sampai meminta tambahan ke orang tua, hmm jangan sampai terjadi deh.

Karenanya, untuk bisa menyetop pengeluaran berlebih menjadi teramat sangat penting. Hati – hati dalam mengeluarkan uang, utamanya ketika dana kita masih berlebih. Yang sering terjadi adalah kita lupa dan kalap, hingga menghabiskan banyak uang di awal bulan.

1. Belanja Mingguan atau Bulanan

Atur uangmu untuk belanja bulanan atau mingguan, belanja bulanan untuk keperluan seperti sabun mandi, sabun cuci, tisu, dan barang-barang yang akan digunakan hingga satu bulan, lalu belanja mingguan seperti bahan-bahan makanan. Dengan belanja mingguan atau bulanan seperti itu, keuanganmu akan lebih teratur.

2. Batasi Pengeluaran Perhari

Jangan lupa untuk membatasi pengeluaran sehari-hari, anggap saja uang itu adalah uang saku dari ibumu. Maka apapun kebutuhanmu pada hari itu, kamu hanya boleh menggunakan uang tersebut. Kalau kamu bisa disiplin, maka pengeluaran dan keuanganmu bisa terkendali pula.

3. Jangan Sering-sering Membuka Aplikasi E-commerce

Ini yang sering dilakukan oleh anak-anak muda sekarang, berselancar di aplikasi e-commerce akan membuatmu merasa ingin belanja terus. Jadi, kalau tidak mau jadi konsumtif, kurangilah kegiatan tersebut. Boleh belanja tapi hanya jika diperlukan saja.

4. Taruh Uang di Tempat yang Tepat

Penempatan uang ternyata juga berpengaruh lho, kalau uangmu berada di tempat yang mudah dijangkau bisa jadi kamu akan tergoda untuk membelinya. Tempatkan uangmu di dalam tabungan atau dimana saja yang sekiranya kalau tidak penting kamu malas untuk mengambil. Cara ini mungkin lebih efektif.

5. Katakan ‘Tidak’

Katakan ‘tidak’ pada diri sendiri yang ingin boros, juga pada ajakan orang lain. Terkadang kita sulit mengatakan ‘tidak’ untuk suatu keinginan, memang hal ini sangat sulit bagi sebagian orang tapi kalau tidak dilakukan juga diri sendiri yang akan rugi.

Nah, itulah 5 cara mengerem pengeluaran untuk anak kos. Tetap hemat ya!

Leave a Comment