Kuliah Tatap Muka Dimulai, Bisnis Kos-Kosan di Padang Kembali Bergeliat

Cokro.com – Pandemi Covid-19 tidak bisa dipungkiri memiliki efek besar kepada bisnis kos-kosan. Seperti yang dialami para pengusaha indekos di kawasan Air Tawar Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Hal tersebut imbas dari pemberlakuan kuliah online, yang mengakibatkan banyak penghuni kos pulang kampung.

Seperti dilansir dari harianhaluan.com, salah seorang pemilik bisnis kos-kosan Isyamuddin, selama ini mengakui kesulitan untuk membayar listri dan air di usaha kos nya. Karena minimnhya pemasukan, sebab, kebanyakan mahasiswa memilih pulang kampung untuk berkualiah daring dari rumah.

“Kalau saat Corona meningkat mahasiswa umumnya sepi, yang ada cuma satu-satu di kosan,” kata Isyamuddin.

Hanya saja sejalan dengan adanya pemberlakuan kembali kuliah tatap muka secara bertahap, Isyamuddin menyampaikan bahwa kini bisnis kos-kosannya kembali bisa bergeliat. Satu demi satu penghuni lama kembali ngekos, setelah pemberlakuan kuiah daring telah dicabut.

“Sekarang sudah mulai kuliah tatap muka kembali ramai jika dibandingkan dari yang dulu,” ujar Isya.

Harapan Isya, keputusan perguruan tinggi setempat dalam memberlakukan perkuliah luring tidak kembali berubah. Karena saat ini angka persebaran Covid-19 di Kota Padang sudah terus menurun dan melandai. “Dengan pembelajaran tatap muka ini anak kos mulai berdatangan. Walaupun belum penuh, tapi rata-rata mereka sudah membayar uang muka,” sebut Isya.

Sementara, salah satu anak kos di tempat Isya, Rivaldi, menyampaikan, bahwa dirinya kembali ke Kota Padang, karena adanya pencabutan perkuliahn online menjadi offline. Menurutnya perkuliahan secara daring memberikan lebih banyak kesulitan, khususnya berkaitan dengan jaringan internet.

“Kalau di kampung saya agak susah perkuliahan online karena fasilitas dan internet yang memadai,” kata Rivaldi.

Leave a Comment