Lebaran Segera Tiba, Ini Tips Mudik Buat Anak Kos di 2022

Cokro.com – Lebaran sudah di depan mata, kebijakan pemerintah pun tahun ini terbuka untuk kita bisa kembali melakukan mudik pulang ke kampung halaman. Tentu ini jadi kabar gembira bagi siapa saja umat Islam perantauan di luar sana. Termasuk juga kamu yang anak kos. Karena, bisa jadi kamu sekarang lagi ngekos demi menuntut ilmu atau juga bekerja jauh dari keluarga.

Demi bisa kembali ke kampung halaman, kegiatan pertama yang harus kamu lakukan adalah mudik, seperti halnya yang akan banyak dilakukan perantau lainnya. Karena bisa jadi jumlah pemudik tahun ini akan meningkat drastis, maka ada baiknya kamu perlu mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

Tips Mudik Buat Anak Kos di 2022

1. Rencanakan dengan baik

Periksa jadwal kuliah atau kerja kamu. Segera buat rencana kapan kamu akan melaksanakan mudik. Sebisa mungkin kamu menghindari tanggal-tanggal padat yang akan membuat suasana mudik sangat ramai. Sesuaikan juga dengan tugas-tugas yang masih harus kamu kerjakan. Tidak enak kan kalau ternyata kamu masih punya PR?

2.  Segera beli tiket

Entah itu tiket pesawat, kapal, kareta api atau moda transportasi publik lainnya. Pasti akan sangat banyak peminatnya. Jangan membeli di saat-saat terakhir, di samping harganya sudah mahal, ada kemungkinan kamu tidak kebagian karena habis.

3.  Bawa barang seperlunya

Tak perlu membawa banyak barang. Kamu tidak sedang piknik kan? Bawalah seperlunya saja untuk menghindari kerepotan sepanjang perjalanan yang sangat mungkin akan berjubel. Apalagi jika kamu menggunakan transportasi pesawat udara. Selain harus membayar biaya ekstra bagasi kamu juga harus menunggu lagi sampai bagasimu keluar di baggage claim bandara yang membutuhkan waktu. 

4. Titip kamar ke pemilik kos

Informasikan kepada pemilik rumah kos bahwa kamu akan mudik. Sampaikan juga berapa lama kamu berada di kotamu. Dengan begitu, pemilik kos dapat membantumu setidaknya memonitor kondisi kamar kos selama kamu tinggal.  Ini sekaligus juga sebagai bentuk kesopanan kamu untuk pamit dengan pemilik kos

5. Jaga kondisi fisik

Perjalanan jauh membutuhkan stamina yang baik. Jaga kondisi tubuh kamu dengan memenuhi kebutuhan gizi dan asupan cairan. Konsumsi vitamin jika perlu. Selain itu, lakukan olahraga ringan untuk memperkuat fisik. Termasuk juga melakukan vaksin dosis ketiga alias booster.

Leave a Comment