Life Hacks Anak Kos Baru, Yang Kamu Wajib Kepoin

Cokro.com – Agustus ini, jadi bulan yang ramai dengan penerimaan mahasiswa baru di sejumlah perguruan tinggi. Sistem pembelajaran juga kini tidak melulu daring, banyak kampus yang telah memberlakukan sistem tatap muka. Tentu saja kebijakan ini membuat para mahasiswa kembali harus merantau, dan hidup sebagai anak kos.

Khususnya untuk mahasiswa baru, hidup sendiri dan jauh dari orangtua, biasanya kerap membuat anak kos yang nubie, kebingunan dalam rangka mempersiapkan beragam hal, khususnya yang berkaitan dengan kehidupan sehari – hari. Nah, berikut beberapa life hacks untuk mahasiswa baru, yang dilansir dari idntimes.com:

1. Beli rice cooker mini 

Tak jarang pengeluran terbesar anak kos adalah pada makanan. Sehingga, membeli rice cooker adalah cara wajib yang harus kamu lakukan untuk menghemat biaya makan. Belilah rice cooker ukuran kecil atau mini, karena kamu hanya perlu memasak nasi untuk kebutuhan makanmu sendiri. Sehingga rice cooker mini saja sudah cukup memasak nasi untuk kebutuhan makan satu orang dalam sehari.

Jika punya budget berlebih, kamu bisa membeli satu panci nasi lagi. Sehingga bisa digunakan secara bergantian untuk masak nasi dan untuk memasak makanan yang lain. Misal ingin masak mie, sayur, ataupun menggoreng lauk. Memasak lauk pauk menggunakan rice cooker bisa menjadi cara jitu, jika kosanmu tidak terdapat fasilitas dapur ataupun kompor.

Memiliki rice cooker akan sangat menekan biaya pengeluaran, terutama untuk makan dan jajan makanan di luar. Kita bisa memasak nasi sendiri dan tinggal membeli lauk dari luar, atau bahkan kita juga bisa masak lauk dan sayur sendiri di kosan.

2. Usahakan cari kos yang menyediakan akses wifi 

Perkembangan dunia dan teknologi menjadikan internet hampir menjadi kebutuhan wajib yang harus kamu punya. Maka, mencari kost yang menyediakan akses wifi, akan sangat membantu menghemat pengeluaran.

Tidak masalah jika harus menambah biaya 30 ribu–50 ribu perbulan untuk iuran wifi di kosan, daripada harus mencari wifi di kafe dan makin menambah biaya pengeluaran. Selain itu, kesecepatan internet pada wifi biasanya lebih lancar. Sehingga akan sangat membantumu memenuhi tugas-tugas kampus secara efisien.

3. Cari kos yang strategis 

Carilah kos yang letaknya strategis. Strategis dalam arti dengan dengan warung atau mini market, tempat fotocopy, tempat makan, serta kampus. Lokasi strategis dapat menghemat biaya transport, karena kamu bisa berjalan kaki. Selain itu, beberapa lokasinya yang dekat akan menghemat waktumu diperjalanan.

4. Gunakan dompet organizer 

Agar pembagian manajemen keuanganmu jelas dan tetap terkontrol, rutinlah melakukan pencatatan pengeluaran tiap bulan. Selain itu, gunakanlah dompet organizer yang berfungsi untuk memisah-misahkan uang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Seperti, kebutuhan makan, transport, bayar kosan, dan tabungan untuk pengeluaran tidak terduga.

5. Sedia kotak P3K 

Mulai hidup mandiri di kosan, berarti mulai siap untuk hidup mengandalkan diri sendiri. Terlebih lagi apabila kita sakit, maka kita harus menyediakan berbagai macam obat untuk penanganan lebih cepat. Siapkan kotak P3K dengan beberapa obat yang diperlukan agar ketika sakit, kamu tidak perlu bolak balik ke apotek dalam kondisi mendesak.

Obat-obatan yang dibutuhkan umumnya meliputi obat flu, obat magh, obat diare, obat alergi, obat gatal, obat luka, obat sakit kepala, serta obat luka. Apalagi jika kmau mengidap penyakit tertentu, kotak P3K wajib tersedia di kosan. Jangan lupa untuk menandai tanggal kedaluarsa obat-obatmu, ya. 

Leave a Comment