Mau Libur Panjang? Ini yang Harus Kamu Lakukan di Kamar Kos Sebelum Pergi

Cokro.com – Anak kos ada masanya harus meninggalkan kamar selama beberapa hari untuk keperluan tertentu misalnya pulang kampung, mudik, ke luar kota, atau lain sebagainya. Kamar kos itu ibarat rahasia dan tempat ternyaman bagi pemiliknya. 

Sehingga, ketika hendak meninggalkan kos dalam waktu yang lama kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Berikut tips saat meninggalkan kos dalam waktu lama, perhatikan 5 hal ini.

1. Merapikan dan membersihkan kamar

Kamu sebagai anak kos perlu untuk merapikan dan membersihkan kamar sebelum ditinggal dalam waktu yang lama. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penumpukan debu saat kamu kembali.

Selain itu, lepas semua selimut, sarung bantal, guling, dan sprei. Alangkah lebih baik kalau mencucinya di laundry dan menitipkannya selama kamu belum kembali ke kosan.

2. Masukkan semua barang pribadi ke kamar

Bagi kamu yang kamar kosnya terpisah dengan kamar mandi dan dapur, alangkah baiknya untuk memasukkan semua peralatan mandi dan makan ke kamar. Pastikan semuanya kering dan letakkan di tempat tertutup. Jangan lupa juga memasukkan jemuran pakaian di luar.

3. Tutup semua perabotan di kamar kos dengan koran

Tutup semua perabotan di kamar seperti meja belajar, rak buku, rak sepatu, atau tempat-tempat yang mudah terkena debu dengan koran atau kain polos yang lebar apabila kamu punya. Hal ini untuk memudahkan kamu membersihkan kamar ketika kembali ke kos karena semua debunya tertampung di atas koran atau kain.

4. Matikan semua listrik dan lepas baterai jam

Pastikan sebelum meninggalkan kamar kos dalam waktu lama semua listrik sudah mati dan baterai jam sudah terlepas. Hal ini untuk menghindari konsleting dan boros baterai.

5. Kunci semua pintu dan jendela lalu berpamitan

Setelah semuanya beres, kunci semua pintu dan jendela dengan benar. Lalu kamu bisa berpamitan ke tetangga kamar atau ke pemilik kos supaya mereka tahu bahwa tidak ada orang di kamarmu, dan pengawasan pemilik kos akan lebih ketat.

Dengan begitu, kamu akan berpergian dengan tenang meskipun dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, saat kamu kembali ke kos semua barangmu akan aman dan mudah untuk membersihkan ruangan.

Demikian 5 hal yang harus diperhatikan saat meninggalkan kamar kos dalam jangka waktu yang lama. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment