Potensi Keuntungan Berlipat Ganda Dari Bisnis Kos-Kosan di 2022

Cokro.com – Jika jelang memasuki tahun 2022 anda masih punya lahan kosong atau rumah kedua yang tidak ditempati, mengapa anda tidak mencoba nya untuk berbisnis kos-kosan. Disamping membuatnya jadi lebih terawatt, hal ini juga akan membuat unit property anda lebih produktif. Tentu ini akan lebih bermanfaat daripada dibiarkan nganggur begitu saja dalam waktu lama. Nilai nya akan bertambah ketika unit property anda berada di lokasi yang berdekatan dengan pusat perbelanjaan, perkantoran, industri dan kampus.

Bisnis kos-kosan juga akan menjadi opsi yang cocok bagi anda yang saat ini masih bekerja di sektor formal, namun ingin memiliki pendapatan tambahan dari passive income setiab bulannya dengan pengelolaan yang minim upaya.

Keuntungan bisnis kos-kosan makin bertambah makin hari

Salah satu hal yang membuat usaha indekos ini menarik, adalah keuntungan yang dihasilkan bisa jauh lebih besar dibandingkan dengan anda menyewakannya. Nilai return dari uang sewa kamar kos berkisar di angka 6%-7% per tahun. Nilai ini lebih besar jika dibandingkan dengan return dari rumah sewa (kontrakan) yang hanya di angka 3-4%.

Nilai ini bisa semakin melejit jika lokasi kos-kosan anda berada di kawasan strategis, nilai return nya akan bisa meningkat jadi 8-9% setiap tahunnya. Angka tersebut sudah mendekati nilai return dari unit apartement. Hanya saja nilai keuntungan dari sewa kamar kos memang diperoleh lebih panjang dibanding apartemen yang bisa dicapai hanya dalam waktu di bawah lima tahun.

Rata – rata untuk bisnis kos-kosan yang premium bisa mencapai Break Event Point (BEP) dalam jangka waktu 12-15 tahun, dengan pertimbangan pendapatan hanya dari uang sewa kamar.

Meskipun terkesan lambat, namun yang perlu anda ingat, bahwa nilai property sendiri selalu bertambah dari tahun ke tahun. Dan bisa melejit ketika lokasi nya mulai jadi lahan favorit. Seiring waktu yang terus berputar, capital gain alias nilai jual unit property akan makij melambung, bahkan bisa mencapai 15 – 30% dari nilai awal.

Dengan perhitungan nilai return sewa minimal 6% ditambah nilai jual minimal 15%, maka jika dihitung penghasilan investasi yang bisa dihasilkan dari bisnis kos-kosan, minimal adalah 21% setiap tahunnya.

Oleh karena itu, khususnya pada 2022, di mana diprediksi pandemi Covid-19 sudah semakin membaik, diprediksi bisnis kos-kosan akan menjadi booming kembali. Sehingga akan menjadi peluang bagus, bagi anda yang memang sudah memiliki unit property nganggur.




Leave a Comment