Sebelum Memilih Kos-Kosan, 5 Hal Ini Wajib Kamu Perhatikan

Cokro.com – Banyak hal yang akhirnya mempengaruhi kamu untuk memilih meneruskan pendidikan di luar kampung halaman. Salah satu alasan utama bisa jadi karena jurusan yang tidak ada di asal mu atau juga kampus yang telah menjadi impian.

Namun apapun itu, bagi kalian yang memang tengah mengincar rumah kos di perantauan, ada baiknya bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini, sebelum memutuskan rumah kos pilihan mu:

1. Kamar mandi

Salah satu faktor terpenting yang akan kamu gunakan setiap harinya yaitu kamar mandi. Namun, yang patut dipertanyakan, apakah setiap penghuni terdapat satu kamar mandi sendiri di kamarnya atau hanya ada satu kamar mandi yang digunakan bersama.

Kalau kamu ingin menjaga privasi dan tidak ingin memakai kamar mandi secara bersama, maka yang kamu utamakan adalah mencari rumah kos yang memiliki kamar mandi pribadi.

2. Harga sewa per bulan

Kamu harus menentukan terlebih dahulu berapa harga sewa per bulan. Hal ini penting agar kamu bisa mencari rumah kos sesuai dengan bujet yang kamu punya. Meskipun kamu akan tergoda oleh berbagai fasilitas yang ditawarkan, tapi tetap harus berpedoman dengan bujet yang sudah dibuat.

Kamu harus bisa konsisten dan jangan mudah menerima harga di luar anggaran demi menghindari potensi kesulitan mengelola uang pada masa yang akan datang.

3. Cara pembayaran

Kalau anggaranmu termasuk ketat, tidak ada salahnya membicarakan cara pembayaran kos sama pemiliknya. Kalau pembayarannya dilakukan per bulan, kamu harus memerhatikan batas waktu pembayaran yang disepakati. Coba tanyakan juga kalau kamu membayarnya untuk tiga atau enam bulan sekaligus apakah ada potongan harga.

4. Internet

Kalau yang satu ini pasti kamu membutuhkannya setiap hari. Sebaiknya kamu mencari rumah kos yang tersedia fasilitas free wifi. Namun, kamu harus menanyakan juga apakah uang yang harus dikeluarkan termasuk dalam biaya sewa perbulannya atau harus ditambah lagi.

5. Lokasi

Kamu harus menentukan tempat tujuan yang sangat sering atau biasanya kamu datangi. Kalau kamu kuliah, tentu mesti memilih tempat kos yang sesuai dengan bujet dan lokasi yang tidak jauh dari kampus kamu. Jangan sampai jarak yang terlalu jauh akan membuat kamu lelah di perjalanan.

Leave a Comment