Terungkap! Ini Cara Bisa Masak Nasi Cuma Seporsi di Rice Cooker

Cokro.com  – Tidak banyak diketahui orang, kalau rice cooker bisa dimanfaatkan untuk memasak 1 porsi nasi. Tips masak 1 porsi nasi ini bisa jadi solusi bagi anak kos.

Tinggal sebagai anak kos harus tahu banyak trik soal urusan masak. Termasuk trik masak nasi dalam jumlah sedikit. Sebagian besar orang memilih membeli ketika hanya membutuhkan satu porsi nasi. Padahal rice cooker bisa memasak satu porsi nasi.

Dilansir dari detik.com, trik masak satu porsi nasi menggunakan rice cooker ini dibagikan oleh Chef Tiar Bah, pemilik akun instagram @masakdarurat. Dalam unggahan videonya (4/11) diperlihatkan bagaimana cara memasak satu porsi nasi. Hasilnya matang sempurna dan pulen.


“Mau masak nasi tapi berasnya tinggal dikit? Anak kos selalu ada cara untuk bisa makan. Sebuah life hack: nasi cangkir mejikom,” kata Chef Tiar Bah.

Di sini ia menunjukkan cara memasak nasi mengandalkan rice cooker dan cangkir keramik. Ia juga menunjukkan beras yang tinggal sedikit namun cukup untuk makan satu orang.

Cara pertama adalah dengan mencuci beras hingga bersih, kemudian taruh beras dalam cangkir keramik dan tambahkan air. Siapkan wadah rice cooker lalu isi dengan air secukupnya, taruh cangkir berisi beras yang sudah ditambahkan air. Proses dengan menekan tombol ‘masak’ pada rice cooker.

Tunggu beberapa saat sampai nasi matang, angkat dan nasi bisa langsung dinikmati. Dalam dunia kuliner, teknik masak ini disebut au bain marie atau tim air.

Dalam video juga diperlihatkan hasil nasi yang sudah matang. Nasi tampak lembut dan pulen. Chef Tiar Bah juga memperlihatkan nasi ini disantap dengan telur ceplok dan kecap manis, menu darurat anak kos.

Video tips masak nasi ala anak kos ini sudah dilihat lebih dari 6 ribu kali dan mengundang ratusan komentar netizen. Banyak yang terinspirasi dan mengatakan kalau tips ini sangat bermanfaat bagi anak kos.

“Mulai hari ini, nasi cangkir mejikom adalah jalan ninja ku,” kata netizen.

“Aku sudah nikah dan tak ngekosss. harusnya tau dari dulu karna aku kalo masak nasi sedikit pasti kering di mejikomnya,” sahut netizen lain yang menyesal baru tahu tips ini.

“Dari dulu pas ngekos ga punya mejikom ya gini bikin nasinya, ngetim pake rantang di dandang. Ampe sekarang punya mejikom tetep ngetim gini,” sahut netizen lain.

Dalam unggahan videonya juga Chef Tiar Bah mengingatkan untuk menggunakan cangkir atau mangkuk keramik yang tebal. Karena jika menggunakan cangkir kaca tidak kuat dan akan pecah saat terkena panas tinggi.




Leave a Comment