Tips Agar Bisa Nyaman Berlama – Lama di Kamar Kos

Cokro.com – Hidup berjauhan dengan orang tua dan lingkungan keluarga sudah pasti membuat anak kos merasa kesepian. Selain rasa sepi, juga akan berimbas pada bosan dan stress, bagi siapapun yang masih menimba imu atau mencari rezeki di tanah orang.

Kebanyakan pada akhirnya rasa sepi ini berujung bisa membuat tidak betah untuk tinggal berlama – lama di kamar kos. Padahal kalau kita sering keluar, justru membuat pengeluaran kita bertambah, karena harus jajan atau keluar duit bensin.

Salah satu yang bikin kita tidak betah di kosan, adalah kamar yang berantakan. Sehingga kamar yang bersih dan nyaman akan jadi salah satu solusi agar kamu bisa lebih nyaman untuk di kamar kos.

Karena, bagaimanapun bisa punya waktu istirahat yang cukup dan berkualitas khususnya di kamar kos sendiri adalah hal yang diimpikan. Terlebih setelah pulang dan lelah dari berbagai kegiatan di luar. Karena kamar yang bersih dan rapi, jaminan kamu bisa nyaman di kamar kos.

Berikut adalah beberapa tips, agar kamu selalu nyaman untuk bisa berada di kamar kos:

1. Rutin menyapu setiap pagi

Kunci penting dalam kamar yang rapi adalah kebersihan, maka jangan malas untuk menyapu, ya! Karena pasti setiap hari ada debu, kotoran, hingga helai rambut yang rontok.

Jangan menyapu di bagian yang terlihat saja, kolong kasur dan tempat-tempat yang tidak terlihat jangan lupa untuk dibersihkan juga. Selain untuk kebersihan, menyapu juga baik untuk kesehatan karena membantu bernapas lebih baik. 

2. Rutin ganti sprei dan sarung bantal

Tujuannya sering mengganti sprei adalah memastikan kesehatan dari berbagai macam bakteri dan kuman yang ada di sprei. Selain itu, rutin mengganti sprei dapat meningkatkan kualitas tidur. Maka disarankan untuk mengganti sprei sedikitnya 2 minggu sekali.

3. Jangan menumpuk pakaian kotor

Ada baiknya, jangan terlalu banyak menumpuk pakaian kotor, setelah dipakai langsung dicuci agar tidak menumpuk banyak atau segera dibawa ke laundry, karena tumpukan baju kotor akan menjadi sumber kuman, tempat bermukimnya serangga dan menyebarkan bau tidak sedap.

Tentunya hal ini bikin kamar kos jadi tidak nyaman. Apabila ingin berhemat, bisa juga dengan mengumpulkan pakaian kotor namun ditata dengan rapi, namun jangan sampai tertumpuk terlalu banyak ya.

4. Segera mencuci piring kotor

Apabila kamu termasuk anak kos yang sering makan di dalam kamar dan menggunakan piring pribadi, sama dengan pakaian kotor, jangan biarkan piring dan alat makan menumpuk terlalu lama hingga berhari-hari, bila memungkinkan segera cuci agar tidak menyebabkan bau tak sedap.

Jangan biarkan piring bekas dipakai dalam keadaan kering, karena akan menyulitkan saat dicuci, rendam dengan air dan biarkan beberapa saat sebelum dicuci menggunakan sabun. 

5. Pisahkan sampah

Di dalam kamar ada tempat sampah? Kalau bisa pisahkan antara sampah basah dan sampah kering, siapkan tempat sampah di dalam kamar untuk sampah kering, sedangkan sampah basah, seperti sisa makanan, kulit buah, bekas bungkus makanan di luar kamar. Karena sampah basah akan mengundang serangga dan bau yang tak sedap.

6. Memakai pengharum ruangan

Kamar yang wangi akan membuat kamar menjadi lebih nyaman. Kamu bisa menggunakan bola pomander, minyak esensial, hingga lilin aromatherapy. Kamu bisa pilih jenis dan ragam wanginya sesuai dengan kesukaanmu.

7. Sering membuka pintu dan jendela untuk sirkulasi udara

Cara paling mudah untuk mengatur sirkulasi udara yang baik adalah membuka jendela atau pintu kamar dan menggantinya dengan udara bersih setiap hari untuk mencegah berbagai penyakit.

Pasalnya, udara yang terus menerus berputar di suatu ruangan lama kelamaan akan bercampur dengan debu, bakteri, virus, dan patogen lainnya yang bisa berbahaya bagi kesehatan bila dihirup.

Lakukan dan jadikan tips-tips di atas sebagai kebiasaan demi mendapatkan kenyamanan di kamar kosan, ya…

Sebelum tidur, juga disarankan untuk mengibas tempat tidur menggunakan sapu lidi, untuk menghindari ada debu yang menempel atau binatang kecil yang dapat mengganggu tidurmu.

Leave a Comment