Tips Ampuh Investasi Property Bagi Pemula di 2022

Cokro.com – Investasi merupakan salah satu cara bagi kita untuk bisa menabung. Salah satu investasi yang populer, adalah investasi property.

Model investasi ini banyak dipilih, karena daya stabilitasnya yang tidak banyak terpengaruh inflasi yang makin kencang, apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Karenanya, sangat realistis, jika banyak investor yang memilih bisnis property untuk bisa menjaga harta mereka di tengah gerusan inflasi yang terus menggila seperti sekarang ini.

Bagi kamu yang masih pemula, dan tertarik untuk mulai terjun ke investasi property, berikut Cokro;com, punya beberapa tips yang dirangkum dari berbagai sumber:

1.Kelengkapan dokumen dan legalitas

Sebelum mulai nego dan deal dengan unit property idaman, anda diwajibkan untuk bisa melakukan pengecekan dokumen leglitas property secara detail dan terperinci. Ini untuk menghindari potensi masalah di kemudian hari. Cek keabsahan dan keaslian surat – surat seperti akta dan juga Izin Mendirikan Bangunan (IMB) nya.

Menjadi pembeli yang smart adalah modal awal utama sebagai pebisnis property. Bekali diri dengan pengetahuan dan ilmu yang memadai, agar tidak salah mengambil langkah.

2.Memilih pengembang yang bisa dipercaya

Jika anda ingin membeli property dalam bentuk perumahan ataupun juga apartemen yang dinaungi perusahaan property, maka langkah yang pertama, adalah memilih pengembang ternama yang sudah terpercaya.

Hal ini merupakan langkah awal untuk memproteksi. Mengingat saat ini penipuan berkedok investasi property memang sudah semakin mengkhawatirkan. Jangan hanya karena tergiur harga murah, kemudian anda mau menginvestasikan dana di pengembang yang tidak kredibel.

Lakukan survey menyeluruh dahulu kepada property target dan pengembang nya. Cari tahu bagaimana rekam jejak  mereka dalam beberapa tahun terakhir. Sehingga anda akan aman ketika melakukan transaksi.

3.Cek harga pasar

Lakukan banyak riset sebelum investasi properti. Hal ini agar kita bisa mendapat keuntungan sebesar-besarnya dengan modal seminimal mungkin. Lakukan riset baik secara online maupun turun ke lapangan. Dengan beberapa pembanding, kita dapat memilih properti dengan harga yang terbaik yang bisa didapatkan.

4.Menakar permintaan

Kebutuhan para penyewa menjadi kunci untuk setiap investasi yang sukses. Investor harus jeli saat melakukan survei apabila properti Anda disewakan. Pastikan bahwa Anda bisa mengidentifikasi tipe penyewa saat mereka mencari properti sesuai dengan yang diminati.

Pentingnya mengetahui selera yang diinginkan para calon penyewa menjadi target pasar Anda saat menyarankan apakah harus membeli pilihannya atau perlu menawarkan properti yang lain.

Leave a Comment