Tips Atasi Keuangan di Tanggal Tua Bagi Anak Kos

Cokro.com – Masuk tanggal tua biasanya akan memberikan terror tersendiri bagi warga kosan.Tabungan yang menipis dan pemasukan yang surut membuat tanggal tua tampak menakutkan.

Karenanya, anak kos perlu untuk sebisa mungkin mengatur manajemen keuangan mereka. Sehingga tidak akan menderita di tanggal tua. Khususnya jika kamu masih mahasiswa dan belum berpenghasilan.

Nah, biar momen tanggal tua kamu gak mengerikan, yuk simak tips hemat berikut yang bisa kamu terapkan sebagai anak kost:

Pilih Transportasi Termurah

Jika kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya beralih ke transportasi umum. Pasalnya, metode ini bisa mebantu kamu menghemat pengeluaran di tanggal tua.

Pastikan memilih transportasi umum dengan biaya yang paling murah ya. Kamu bisa menggunakan Transjakarta, Commuter Line hingga MRT.

Bawa Bekal

Buat kamu yang hobi jajan untuk sarapan dan makan siang, lebih baik dikurangi di tanggal tua ini. Bawalah menu bekal sebagai santapan kamu di kampus atau luar kostan.

Kamu bisa membeli beberapa bahan makanan yang murah meriah di pasar dan memasknya di kostan. Selain hemat, bawa bekal juga jauh lebih sehat lho!

Sediakan Uang Pas

Selanjutnya, pastikan kamu selalu membawa uang pas. Jangan memegang uang tunai terlalu banyak yang bisa bikin kamu kalap di luar.

Menyediakan uang pas akan memaksamu untuk membeli kebutuhan yang diperlukan saja. Dengan begitu, keuanganmu bisa lebih terkontrol.

Catat Pengeluaran

Hal ini, bisa jadi tips jitu buat kamu yang mau hemat di tanggal tua. Biasakan untuk selalu mencatat pengeluaran kamu dan batasi budget-nya.

Tulislah berapa saja nominal setiap kamu mengeluarkan uang. Metode ini bisa membantu kamu paham dan bijak dan mengelola keuangan.

Gunakan Sisa Barang Sebaik Mungkin

Satu lagi cara jitu berhemat ala anak kos di tanggal tua ialah menggunakan sisa barang-barang sebaik mungkin. Misalnya, beberapa keperluan seperti sabun, minyak dan lain-lain tinggal tersisa sedikit, cobalah untuk mengatur pemakaiannya agar bisa bertahan hingga tanggal muda nanti.

Dengan melakukan hal di atas, kamu akan terbiasa berhemat dan pintar mengelola keuanganmu.

Leave a Comment