Tips Makan Sehat di Masa Pandemi Bagi Anak Kos

Hidup di kosan pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, tentu tidak mudah dan penuh tantangan, khususnya untuk masalah makan. Beli di luar punya resiko terpapar penyakit dan tidak terjamin kebersihannya, mau masak sendiri juga tidak mudah, apalagi buat anak kos yang tidak biasa memasak.

Lalu seperti apa solusinya, berikut Cokro.com rangkumkan buat kalian, seperti dilansir dari Alodokter:

Jika memaksakan harus makan di luar, resiko nya memang cukup besar. Beragam penyakit bisa mengancam mu lho, jika memang makanan yang kamu makan tidak terjamin kebersihannya. Selain itu, kamu juga harus memastikan bagaimana nilai gizi dan komposisi, serta kesegaran, masa kadaluwarsa serta zat – zat lain yang mungkin dikandung dalam makanan yang dibeli dari luar tersebut.

Apalagi sebenarnya, dalam masa pandemi dan PPKM seperti sekarang kita sudah sangat dibatasi untuk beraktivitas di luar ruangan.

Nah, berikut adalah beberapa saran yang bisa dilakukan oleh anak kos, untuk bisa menjaga asupan gizi dari makanan yang sehat dan bersih:

  • Sebisa mungkin, sediakan peralatan masak dan makan sendiri di tempat kos Anda. Dengan memasak dan menyajikan sendiri, selain bisa menyesuaikan selera, Anda pun akan lebih yakin bahwa makanan yang kalian konsumsi diolah dengan bersih, segar, dan tidak ditambahkan zat-zat kimia berbahaya. Kamu pun akan bisa lebih meminimalisasi bepergian ke luar kosan hanya untuk membeli makanan. Jadi, kalian cukup keluar untuk berbelanja 1-2 minggu sekali seperti untuk membeli bahan makanan mentah atau peralatan makan dan masak lainnya (seperti gas, minyak, dan sebagainya).
  • Bila hal di atas tidak memungkinkan, maka kamu bisa membeli makanan jadi di luar. Namun, pastikan Anda melakukan upaya berikut:
    • Hanya beli makanan di tempat yang memang bersih, kalian yakin benar petugas di tempat makan tersebut menerapkan social distancing yang benar, serta mengolah makanannya agar matang sempurna, tanpa ditambahkan zat kimia berbahaya
    • Jika memungkinkan, cukup pesan makanan lewat kurir. Minta kurir tersebut menggunakan masker. Pastikan juga saat makanan datang Anda tidak berkontak langsung dengan kurirnya, semprot disinfektan ke kemasan luar makanan (jangan sampai kontak dengan makanan), pindahkan makanannya ke wadah pribadi mu yang bersih, dan cuci tangan dengan sabun sebelum makan.
    • Jika tidak memungkinkan memesan kurir untuk mengirimkan makanan mu, kamu bisa membeli langsung makanan kalian, namun dengan tetap mengindahkan aspek social distancing, seperti menggunakan masker dan face-shield, tidak sembarangan memegang fasilitas umum, jaga jarak dengan orang di sekitar kalian minimal 1,8 meter, jangan berbicara berlebihan, jangan memegang wajah sembarangan, cuci tangan sering-sering atau gunakan hand sanitizer, segera bawa pulang makanan mu usai disiapkan dan makanlah di rumah.
Leave a Comment