Yuk Masak Soto Ayam Sendiri di Kos yang Super Praktis

Cokro.com – Penghuni kos sebenarnya memang bisa makan enak walaupun di kosan aja. Misalnya menu khas seperti soto ayam, yang bakal seger banget buat berbuka puasa selagi hangat.

Kalian wahai anak kos, tidak perlu lagi hanya mengandalkan mie instan untuk mendapatkan makan dengan sensasi rasa soto. Bermodalkan kompor, sebemarnya kalian juga sudah bisa masak soto lengkap seperti bikinan di rumah sendiri atau beli di depot.


Seperti tips dan trik yang dibagikan oleh pengguna akun TikTok @Agungpratama, dilansir dari detik.com. Sebagai anak kost, Agung mencoba memanfaatkan kompor dan alat masak sederhana untuk mengolah masakan lezat.


Trik Praktis Masak Soto ala Anak Kost Foto: TikTok @agungpratama
Baca juga: Trik Belanja Hemat ala Anak Kos hingga Emak-emak
Saat bulan puasa seperti ini ia menunjukkan video saat dirinya meracik soto ayam super simpel yang ia masak di kamar kost. Agung memiliki kompor listrik yang bisa diandalkan untuk memasak aneka makanan. Ia juga punya panci kecil yang kerap digunakan untuk memasak.

Sementara bahan makanan yang akan diolah, disimpan dalam kulkas mini satu pintu. “Anak kost bikin soto,” ujar Agung pada video yang ia unggah, Senin (4/4).



Di sini terlihat Agung sudah punya stok ayam ungkep bumbu kuning, aneka sayuran pelengkap soto hingga bumbu instan yang siap masak.

Pertama-tama Agung memotong ayam menjadi bagian kecil kemudian ia menyiapkan sayuran seperti tauge, daun bawang, tomat, kol dan daun seledri. Ayam yang sudah matang ini kemudian direbus kembali sampai hangat.

Kemudian kuah soto ia buat dengan mengandalkan bumbu soto instan yang bisa ditumis lalu diberi air dan berbagai bahan pelengkap seperti sereh, tomat dan daun bawang. Setelah semua matang, ia kemudian merendam bihun dengan air panas hingga teksturnya lunak.

Saat penyajian, Agung menyiapkan mangkuk dan menata semua bahan soto lalu mengguyurkan kuah soto panas. Agung juga melengkapi soto ini dengan telur rebus dan cabai rawit untuk memberi sensasi pedas.

Soto ayam ala anak kost pun siap dinikmati sebagai menu berbuka puasa. Dilihat dari prosesnya, cara masak soto ayam ini bisa sekaligus mengisi waktu ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Netizen yang melihat video ini pun langsung ramai memberikan komentar. Ada yang memuji aksi yang dilakukan Agung karena terbilang anak kost yang rajin, namun banyak juga yang meminta tips dan trik masak soto ayam.

“Banyak banget kak sotonya itu abis nggk kan sendirian makannya,” tanya netizen.

“Bisa-bisanya dia bikin soto, tidak dengan saya yang dari SD ibu jualan soto sampe bosen. Maen maen ke Bekasi bang makan soto Betawi enak,” ujar netizen lain.

Trik Praktis Masak Soto ala Anak Kost Foto: TikTok @agungpratama
Baca juga: Basa-basi Tawarkan Bekal ke Teman Kerja, Netizen Ini Kesal Bekalnya Dihabiskan
“Saya udah nikah tapi blm pernah bikin soto, suka nya tumis karena bisa nya cuma numis,” sahut netizen.

“Aku juga suka bebikinan kaya gini, karena lebih happy aja klo bikin sendiri. Walaupun ribet ga pa2. makannya juga sepuasnya,” beber netizen lainnya.

Agung mengatakan dirinya memang senang memasak di kamar kost. Selain bisa lebih hemat, masakan sendiri juga sesuai selera jadi puas melahapnya.

“Kadang (masak) jadi moodboster buat kita yang sendiri diperantauan,” kata Agung.

Selain masak soto, Agung juga mengaku pernah masak berbagai makanan lain dari kamar kostnya. Sebut saja misalnya pisang goreng, singkong Thailand, sayur pare hingga kolak labu. Semua dimasak menggunakan alat masak seadanya yang ada di kamar kost.


Leave a Comment